nhk

MotoGP Assen Belanda (Jelang Race): Berat Buat Aleix Bertarung Di Depan

ManiakMotor – Berita terdahulu di portal ini Marc Marquez bilang mencermati Aleix Espargaro (Forward Yamaha Racing). Ucapan MM terbukti saat rebutan pole position di Q2 di sirkuit Assen, Belanda, Jumat 27 Juni.

Aleix bikin sejarah dengan pole perdana. Tak tanggung-tanggung mengasapi Marquez 1,4 detik. Memang berbau keberuntungan. Sebab Aleix keluar dari pit line lebih dulu dari rombongan, saat lintasan masih kering. Ia pun berhasil mengitari satu putaran saat lintasan baru gerimis sikit. Usai dia sentuh satu putaran barulah hujan datang semnetara yang lain masih di belakangnya,

Namun, sebetulnya Aleix juga cepat lantaran salah satu dari tiga joki yang bisa berlari 1 menit 33 detik sekian-sekian. Macam mana di raceday Minggu (28/6) yang bermain panjang dalam 26 laps Assen?

Selama ini pacuan Open Class milik Aleix acap garang di single lap, tapi saat lomba menguras nyalinya dan staminanya. Memang seperti itu motor di luar pabrikan. Aleix sadari soal itu, makanya doski bilang akan sangat sulit membendung dua pembalap Honda di sebelahnya, MM dan DP. “Jangankan mereka, Jorge (Lorenzo) dan Valentino (Rossi) pun bisa mendekat hanya dalam beberapa lap. Namun saya siap mainmaksimal melawan mereka, setidaknya dengan waktu yang lebih rapat,” tegas juara kelas CRT (kemudian jadi Open Class) 2013 itu.

Meski ole bersejarahnya dalam kondisi hujan, Aleix justru ingin balapan berlangsung normal alias kering. Hendling M1 bekas dari Yamaha Tech3 musim 2013 itu lebih nurut dan dapat pace di lintasan kering. Ia sudah siapkan judi dengan ban belakang komponnya lunak.

Ia sudah coba ban tersebut dan bertahan 15 laps, 10 laps di antaranya dengan performa yang bisa diandalkan. Ia yakin bisa memamanjemen komponnya. Risiko besarnya paling terjadi di lap-lap akhir jika adu tarik dengan rider lain dengan gejala sliding-siliding sikit. “Nantinya juga tergantung cuaca jelang balapan,” tandasnya.

Ah, ternyata baru rencana! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo Tetap Optimis, Walau Tercecer

MotoGP 2014 Assen Belanda Q2; Gerimis, Aleix Tercepat Kualifikasi, Rossi 12

MotoGP 2014 Assen Belanda FP4; Marquez Sangat Cepat Latihan Bebas Keempat, Ditempel Rossi

MotoGP 2014 Assen Belanda (FP3); Gerimis Latihan Bebas Ketiga, Rossi Tercepat

 

 

BAGIKAN