nhk

MotoGP Austin 2013; Paddock Yamaha Tech 3 Terbakar, Elektronik M1 Rossi Kena Dampaknya Di Texas

 

ManiakMotor – MotoGP 2013 makin panas. Saking hot-nya terjadi kebakaran benaran yang melanda peddock atau garasi pit Monster Yamaha Tech 3 (MYT) di sirkuit Austin, Texas, Amerika. Kejadiannya Kamis atau 18 April 2013 pukul 1;00 waktu di sana. Itu dalam persiapan menghadapi seri 2 MotoGP tahun ini. Dalam kebakaran itu efeknya sampai ke paddock Yamaha Factory Racing (YFR).

Manajer tim MYT, Herve Poncharal, menerangkan soal kebakaran yang diduga dipicu dari starter elektrik. Starter ini bukan terpasang di motor, tapi dalam bentuk pemutar roda belakang untuk menghidupkan mesin motor MotoGP. Aki pembangkit tenaganya mungkin ditinggalkan dalam keadan disetrum atau dicarge. “Itu untuk prosedur standar sejak era mesin four stroke. Sayangnya malamnya malah korslet,” tutur Poncharal.

Untungnya sistem keamanan anti api di Austin berjalan baik. Tentu saja dibantu petugas sirkuit yang cekatan bersama dinas pemadam kebakaran sekitar Austin.  “Kami menderita cukup banyak kerusakan, terutama basah kuyubnya semua perangkat. Juga MYT meminta maaf pada Yamaha Factory Racing, Honda LCR dan Cardion AB yang paddocknya berdekatan dan kena dampaknya,” tambah Poncharal yang akan menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran dan meredamnya ke masa depan.

Anti api alias air yang menyemprot otomatis dan bubuk putih dari loteng paddock ini juga otomatis aktif di ruang garasi pit YFR. Menurut direktur tim YFR, Massimo Meregalli memang tidak ada yang terbakar. Tetapi semua perangkat elektronik dan terutama pusatnya atau server ikut basah kuyub dan terkena bubuk putih. Server itu menuntun elektronik pada M1 Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.  “Pengaruhnya pun belum diketahui, karena bubuk peredam api masih dibersihkan dan air akan dikeringkan,” jelas Meregalli yang sedang menggali-gali kejadian sebenarnya.

Tetapi dia bersyukur api tidak berkobar ke mana-mana. Sebab telah dihentikan sebelum kebakaran meluas. Jika tidak, YFR akan kehilangan enam motor yang kencang-kencang tersebut. Balapan juga terancam bubar, kalau pun berlangsung tidak diikuti Lorenzo dan Rossi. Ya, untung tidak terjadi seperti itu bro, paling-paling M1 Rossi kabur settingannya, kan elektroniknya basah dan dikhawatirkan akan berkarat. Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas

MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..?

MotoGP 2013 Austin Amerika: 5 Pembalap Amrik, Tarung Sesama Ayam

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Beban Mental Pedrosa, Dikeroyok Kawan dan Lawan

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Rossi Buru Barros, Lorenzo Incar Jagoan Texas, Wussss….

MotoGP Austin 2013; Kata Rossi Pengereman R1 Teknikal, Tak Gentar Di Texas

 


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353