nhk

MotoGP Austin 2013 (Race): Marquez Cs Pertegas Dominasi Spanyol, Sapu Gelar di Semua Kelas

ManiakMotor – Rekor fantastis Marc Marquez di kelas para raja membuat semuanya terfokus ke sana. Padahal, ada sisi lain yang tak kalah menarik di negeri para koboi itu.

Tiga podium MotoGP diborong Spanyol lewat trio Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo. Di kelas Moto2, Mika Kallio (Finlandia) jadi satu-satunya ganjalan yang membuat podium tak dipenuhi anak-anak Spanyol. Dua rider muda Matador, Nicolas Terol dan Esteve Rabat, naik sebagai juara dan runner up. Andai Pol Espargaro tak terjungkal saat balapan, kemungkinan besar semua gelar disikat Spanyol.

Dan, di kelas para jagoan muda MotoGP, All Spanish Rider memborong podium kejuaraan. Mereka adalah Alex Rins, Maverick Vinales, dan Luis Salom. Total 8 dari 9 pembalap yang berhak muncul di podium disapu bersih Spanyol. Uniknya, tiga juara di Austin sama-sama kali pertama dengan kemenangannya. Marquez kali pertama menjuarai MotoGP, Terol pun kali pertama sejak main di Moto2 pada 2012.

Buat Rins, sukses menjuarai Moto3 Austin terbilang spektakular. Kemenangan perdana ini sungguh tak terduga mengingat ketatnya persaingan di Moto3. Termauk rivalitas Rin dengan Alex Marquez (adiknya Marc Marquez) di dalam tim sendiri. Tahun lalu, meski menduduki 5 Besar klasemen Moto3, Rins hanya sekali naik podium, sebagai finisher ketiga di GP Prancis.  

Sekadar informasi, mayoritas rider muda Spanyol itu adalah jebolan kompetisi CEV Buckler yang jadi semacam Kejurnas di Spanyol itu tapi digarap lebih detil dan terarah ke jenjang Moto3 dan selanjutnya Moto2 dan MotoGP. Model itu kemudian coba diaplikasi beberapa negara yang memang serius membina para pembalap mudanya. Untuk negeri bernama Indonesia ini, sampeyan bisa menilailah tingkat keseriusannya hehehe.

Sebentar lagi ajang MotoGP bergeser ke Jerez, Spanyol, kandangnya para rider Spanyol itu. Dan, semuanya bertekad tampil lebih baik di hadapan publik sendiri. Bisa dibayangkan bagaimana bergemuruhnya nanti penonton karena semua pembalap yang bersaing di baris depan adalah anak negerinya sendiri.

Siapa yang bisa mencegah agar 9 penghuni podium di tiga kelas tak melulu Spanyol? Valentino Rossi atau Cal Crutchlow di MotoGP? Scott Redding (Inggris) dan Mika Kallio (Finlandia) di Moto2? Jonas Folgar (Jerman) di Moto3 atau bahkan jangan-jangan Zulfahmi Khairuddin yang namanya mirip Indonesia karena ia dari Malaysia itu?

So, di Jerez pada raceday 5 Mei nanti, pertanyaannya bukan hanya siapa yang mampu jadi juara, tapi juga bisakah Spanyol borong 9 podium di tiga kelas? Nyokkkk ditunggu! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Race): Fantastis Marquez!

Moto2 2013 Austin (Race): Baris Depan Monoton, Redding ke Puncak Klasemen, Topan Jadi Penonton

Moto3 2013 Austin (Race); Memang Milik Alex Rins

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353