nhk

MotoGP Austin 2016 Jelang Race: Front Row Rossi ‘Dibantu’ Winglet-Tangki Bensin M1 Di Belakang

 

ManiakMotor – Winglet atau sayap menjadi salah satu isu di sirkuit Austin, Amerika. Saat motor membelah angin alatnya berfungsi menekan motor ke lintasan. Cocok dengan tipikal Austin yang minta akselerasi yang kuat. Sedang tangki bahan bakar digeser ke belakang tetap juga ada pengaruhnya pada distribusi bobot. Gejala yang di Austin menjadi kendala.

Dua item ini yang terlihat terpasang di M1 Valentino Rossi di GP Amerika. Bisa saja membantunya ke front row saat Q2 pada Sabtu 9 April di Austin. Winglet misalnya, baru di Amerika ini diseriusi pada M1 Rossi. “Start dari depan sangat penting. Lawan saya Jorge dan Marc sangat kuat. Saya bisa bersaing dengan mereka dari baris depan,” kata Rossi yang sama sekali tak sebut-sebut dua alat tersebut.

Kalau sayap walau tak diterangkan Rossi jelas dipasang pada fairing depannya. Rossi tak perlu repot mengereksi motor pada gejala wheelie yang muncul lewat cabut-cabut motor yang strong di Austin. Pasti ada gunanya saat lomba, lha wong rata-rata telah menggunakannya. Sedang tangki bahan bakar tadi menurut MotoGP.Com, Rossi ndak punya waktu mengevaluasinya. Makanya analisa sendiri saja, untuk menggeser bobot, agar depan tidak banyak terbeban. Tahun lalu ban depan Rossi ‘rompal’ di Austin. Kira-kira begitu harapannya.

Fakta dua alat ini bisa membawa Rossi ke grid ke-3. Posisi yang dalam tiga tahun lomba di Austin tak pernah dia dapat. Juga menjadi front row berturut dari Argentina sejak 2013 yang ia lakukan. Catatan waktu saat Q2 pun lumayan ketat. Dia bisa mengimbangi catatan 2:03 dari Marquez dan Lorenzo. Hanya tiga pembalap itu yang mencetak 2 menit 3 detik, tambah Andrea Iannone deh. Rossi sendiri bikin 2:03.644 atau selisih 0.456 detik dengan yang pole.

Rossi juga punya percaya diri pada setelan motornya untuk lomba yang dia coba di FP4. Lagi-lagi posisinya bersaing dengan Marquez dan Lorenzo. “Kecepatan lomba juga bagus. Tapi melawan Honda dengan Marquez di Austin butuh 5 atau 6 tahun lagi untuk pengembangan. Misalnya Ducati biasanya kencang di sini, di kualifikasi tahun ini kami lebih cepat,” kata Rossi yang ada unsur becandanya, karena macam mana dia enam tahun lagi masih di MotoGP, hehe.

Jawabannya itu  dia lontarkan saat jumpa pers yang front row atas pertanyaan mengatasi Marquez yang menuju empat kali juara di Austin. Penutupnya Rossi masih bicara ban. Karena dia belum menentukan ban untuk lomba. “Masih ada waktu di warm up untuk menentukan tipe kompon yang dipakai untuk race,” pungkas Rossi. 

Nah winglet dan tangki yang belum ditanggapi tuh. Ya tunggu saja usai lomba. Ito  

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Austin 2016 Q2: Marquez Tercepat Kualifikasi, Rossi-Lorenzo Front Row

MotoGP Austin 2016 FP4: Marquez Tercepat, Lorenzo Dan Rossi

MotoGP Austin 2016 FP3: Marquez Terkencang, Disusul Iannone, M1 Rossi ‘Terpaksa’ Pakai Winglet

BAGIKAN