nhk

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Marquez ‘Bertentangan’ Dengan Mekaniknya

ManiakMotor – Di pemanasan, Marc Marquez masih pakai ban mendium-medium pada Honda RC213V-nya. Karena rata-rata pembalap menggunakannya. Tapi di sesi warm up itu,  Marquez kalah cepat dengan Andrea Iannone. Dan hanya di sesi itu dia terkalahkan dari semua sesi di GP Amerika.

Pembalap Repsol Honda Team pun disarankan tim pakai ban lembut di depan, walau dia ragu. Ya tentu ketika lomba ronde 3 di sirkuit Austin, Amerika.  “Saat warm-up saya coba ban depan medium yang sama dengan  semua pembalap. Namun dengan  beberapa alasan, tim menyarankan diganti lunak. Juga Michelin memberi data soal daya tahan ban kalau dipakai saat lomba, terima kasih pada mereka,” ucap Marquez yang tak ada matinya  dalam 21 lap balapan di Austin.

Dengan ban yang lebih lunak di depan ini, kudu kabur duluan. Sebab, menurut para ahli Michelin, itu ban akan bertahan sampai 12 – 15 lap. Benar saja, menurut Marquez mulai lap 12 dia ‘mengendurkan’ permainannya. Dia hanya merawat kecepatan pada laju yang stabil. Dia nggak mau menyiksa ban depan sebagai tumpuan bobot motor setiap di depan tikungan.

Tapi, mau ban atau apa pun, Marquez layak menang di Austin. Pengusaannya pada 20 tikungan Austin sangat baik. Istilahnya suruh tutup mata, itu sirkuit bisa dilewatinya. Bukan hapalan lagi, tapi sudah di luar kepala. Titik pengereman, titik ‘menidurkan’ motor, titik buka gas sampai titik elbow down untuk mengimbangi kecepatan motor saat menikung sudah gerak repleks semua.

Makanya dari sejak Austin dipakai, dia semua pemenangnya sampai aturan baru elektronik dan ban. Bukan hanya itu, semua juaranya di Austin dikawinkan dengan pole empat tahun berturut.  “Ini sirkuit favorit saya. Saya sangat suka dan cinta pada Austin,” pungkas Marquez. MM

BACA JUGA    

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Nih Sebab Jatuhnya Valentino Rossi, Kampas Kopling Kepanasan

MotoGP Amerika 2016 Race: Marquez Raja Austin, Rossi Jatuh, Pedrosa Tabrak Dovi

MotoGP Austin 2016 Warm Up: Iannone Tercepat, Disusul Marquez Dan Rossi Ke-3

BAGIKAN