nhk

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Nih Sebab Jatuhnya Valentino Rossi, Kampas Kopling Kepanasan

ManiakMotor – Jatuhnya Valentino Rossi dimulai dari masalah kopling. Tentu terjadinya di awal-awal balapan ronde 3 MotoGP di sirkuit Austin, Amerika pada 10 April 2016. Kinerja koplingnya kendur membuat konsentrasinya buyar dan bikin kesalahan.  

Kopling yang di MotoGP tipe kering yang nggak direndam oli itu, slip di M1 Rossi. Kalau sudah sebut slip, berarti kepanasan alias over heat. Sebabnya bisa dari perlakuan pembalapnya atau memang masalah lantaran Austin punya sudut akselerasi yang kuat-kuat. Tapi diakui Rossi di Argentinya juga sempat muncul hal yang sama.

Itu dekapan antar kampas dan pelatnya  nggak kuat mengirim tenaga ke roda. Motor nggak seenak sebelumnya, sehingga posisi Rossi yang tadinya sempat kedua melerot keenam. “Ini memalukan, kopling saya ‘terbakar’ dan memang terlalu saya bakar (paksa) saat start. Untuk memulihkan saya harus melambat dan kehilangan beberapa posisi,” kata Rossi dengan nada lesu karena pointnya ikut terbakar.

Dari omongan Rossi, dia rada panik oleh situasi tarikan motornya yang ngeden. Nggak bisa dipaksakan dan memang harus mengurangi beban kopling dengan cara Rossi mengurangi kecepatan. Tentu juga jarang memeras handel kopling berlebihan untuk menunggu suhunya normal kembali. Tenang, kopling di MotoGP itu arus pendinginan udaranya deras menuju ke rumahnya.

Dan kelihatannya di lap ke-2 suhunya mulai stabil sehingga mendekat lagi ke depan. “Harus berpikir tenang. Karena biasanya suhu kopling akan kembali normal dan memang begitu kejadiannya. Sayang  saya melakukan kesalahan, mungkin kehilangan konsentrasi,” sebut Rossi dengan nada teratur disampaikan pada sampeyan.  

Bagi Rossi ban tak masalah. Jatuh karena konsentrasi terbagi pada memulihkan kinerja kopling dan kesalahannya menginjak benjolan pada racing line di tikungan kedua menuju lap ke-3. Itu membuat grip depannya kehilangan kontak. “Michelin sangat bagus. Cuma dengan ban ini jangan sampai bikin keselahan sikit pun, seperti yang saya alami di Austin ini,” pungkas Rossi. 

Sabar. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

MotoGP Amerika 2016 Race: Marquez Raja Austin, Rossi Jatuh, Pedrosa Tabrak Dovi

MotoGP Austin 2016 Warm Up: Iannone Tercepat, Disusul Marquez Dan Rossi Ke-3

MotoGP Austin 2016 Jelang Race: Masih Gosip Pertukaran Pembalap, Faktor Lorenzo

BAGIKAN