nhk

MotoGP Australia 2016 Jelang: Kurang Puas sama Aoyama, Honda Tunjuk Nicky Hayden

MotoGP, Honda, RC213V, Marquez, Nicky, Hayden, Phillip Island

ManiakMotor – Tidak performnya penampilan Hiroshi Aoyama yang menggantikan Dani Pedrosa berlaga di ronde 15 di Motegi, Jepang, pekan lalu (16/10) membuat Tim Honda sedikit kecewa. Jasa pembalap Jepang itu tidak lagi dipakai saat mengikuti balapan berikut di Phillip Island, Australia, 23 Oktober 2016.

Manajemen HRC lantas menunjuk Nicky Hayden untuk mendampingi Marc Marquez yang sudah menggondol juara dunia 2016. Pembalap asal Amerika ini bukan orang baru bersama Honda. Sekarang ini, ia berlaga di kejuaraan dunia superbike bersama tim pabrikan Honda.

Di arena motogp pun, Hayden gabung bersama Repsol Honda pada 2003 dengan prestasi tertinggi menyumbang gelar juara dunia pada 2006. Ia lantas berpisah sama Honda dan gabung sama Ducati. Ini kali kedua ia dipinjam Honda setelah sebelumnya menggantikan pembalap satelit Honda John Miller tampil di Aragon.

Pedrosa sendiri sepertinya tidak akan ikut sampai seri di Malaysia. Malah ada kemungkinan juga di kandangnya sendiri di Valencia sebagai penutup. Ketika dalam latihan bebas di Motegi, pembalap Spanyol mengalami kecelakaan hebat (highside) membuat tulang selangkanya pecah. Nah, sabtu lalu (15/10) dokter menyampaikan bahwa operasi Dani berjalan lancar.

“Dengan menggunakan CAT scan, Dani mengalami patah tulang terdiri dari empat fragmen. Dan pada bagian ketiga kanan terjadi pemendekan yang signifikan dari sepertiga tengah klavikula kanan. Scan juga mendeteksi bahwa fraktur supcapital dari fibula kanan tidak bergeser,hanya membutuhkan imobilisasi,” begitu keterangan dari dokter.

Hayden yang diberi tanggung jawab hanya berujar agar Dani bisa cepat sembuh. “Saya yakin dia akan kembali lebih kuat dari sebelumnya. Balap buat Honda di Phillip Island akhir pekan ini cukup emosional bagi saya. Saya berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari Honda,” tutup Hayden. Rezki

BAGIKAN