nhk

MotoGP Australia 2016 Jelang: Peluang Vinales Minggu Ini, Masa Depan Libas Marquez

Maverick Vinales Australia 2016, Vinales Lawan Marc Marquez

 

ManiakMotor – Jika bisa kalahkan Valentino Rossi tahun depan maka teorinya Maverick Vinales juga bisa kalahkan Marc Marquez. Itu sinyal yang dipancarkan Vinales yang mendampingi Marc Marquez di podium GP Jepang, Ahad 16 Oktober.

Pada sesi jumpa pers usai balapan, Vinales memuji Marquez dan menilai pantas meraih gelar jurdun tahun ini meskipun di awal musim sempat keteteran. “Cara main Marquez berubah tahun ini dan lebih cerdik. Ia hanya pol-polan jika memang ada kesempatan dan yakin,” ucap Vinales yang sempat tarung bareng MM di kancah Moto2.

Tapi, mulai tahun depan, Vinales inilah yang didorong Yamaha menjadi lawan Marquez berikutnya. Pindah dari Suzuki dan tahun depan mendampingi Rossi di Movistar Yamaha, Vinales tahu persis apa yang diharapkan Yamaha darinya. Yakni, menjadi senjata Yamaha melawan Marquez dengan Hondanya. Mungkin tahun depan masih dalam proses adaptasi dengan M1, tapi pada musim 2018 ia jadi andalan melawan MM maupun Lorenzo di Ducati. Memang sih masih ada Rossi, tapi Rossi sendiri sedang berjuang dengan penyakit yang namanya umur. Penyakit nggak ada obatnya di dunia ini.

Sesama Spanyol, rivalitas Vinales dengan MM diperkirakan bakal lebih sengit dengan rivalitas MM dengan para seniornya selama ini. Vinales, 21 tahun, lebih muda 2 tahun dari MM. Nyalinya sama, agresif dan selalu menyerang biarpun dari celah yang sempit. Gaya itu terbaru diperlihatkan Vinales saat menggasak seniornya, Aleix Espargaro, berebut posisi 3 di GPJepang.

Sayangnya, Vinales tak ingin terlalu jauh berpikir meskipun sadar sesadarnya akan ‘diadu’ sejak duduk di   M1. “Target pertama adalah belajar dan berusaha mengalahkan rekan satu tim. Itu sangat umum sebagai acuan. Setelah itu lihat nanti,” kata Vinales yang diamini Davide Brivio (Manajer Tim Suzuki) yang sudah mengingatkan Rossi atas semangat Vinales untuk menekuk The Doctor.

Minggu ini di Philip Island, Australia yang lombanya 23 Oktober 2016, Vinales akan tampil lagi. Dan perlu diketahui, Vinales punya pace khusus tampil di situ. Masih ingat kan saat tes pramusim di situ, Vinales dengan Suzuki GSX-RR jagoannya. Sedang tahun depan, jika bisa melewati Rossi, tentu saja target berikut Vinales dan Yamaha siapa yang di atas mereka. Bila Marquez ada di situ, ya sekalian dilibas. Andro