nhk

MotoGP Austria 2016 FP2: Ducati Terlalu Perkasa, Rossi Keempat

ManiakMotor – Maverick Venales sukses membekam hegemoni Ducati Desmosedici GP pada sesi FP1 MotoGP di trek Red Bull Racing, pagi tadi (12/8). Semua pengamat memperkirakan antara Valentino Rossi dan Marc Marques yang bakal menghadang keperkasaan Ducati. Ternyata, justru pembalap Suzuki itu mampu membuyarkan perkiraan pengamat. Ia melejit di tengah suhu udara dingin menjadikannya sebagai yang tercepat.

Nah, FP2 ini sangat mirip ketika berlangsung tes privat dengan kondisi cuaca yang panas. Kalo memang benar cuaca demikian, so pasti raungan mesin Ducati akan mengganas tanpa ampun.

Ternyata benar, baru jalan 10 menit duo Ducati besutan Dovizioso dan Iannone berada di atas. Dovi menjadi yang tercepat dengan 1:24.808 dan hanya unggul tipis 0.048 detik. Sementara Marquez tertinggal pada jarak 0.502 detik. Tapi, itu sementara dan Yamaha, Suzuki maupun Honda masih bisa mengutak atik mesin, suspensi atau gonta-ganti ban.

Ban Michelin kompon baru yang dibawa ke Austria untuk roda belakang, memang belum kerja sempurna di pagi hari. Cuaca dingin membuat kompon keras itu tidak memberi daya cengkeram yang baik.

Nah, pada siang inilah semua pembalap bisa merasakannya. Vinales mencatat waktu sama dengan Dovi 1:24.808 detik dan menempel di belakang duo Ducati. Sementara Yamaha M1 yang digenjot Rossi seperti kepayahan karena tertinggal 1.014 detik dan berada di urutan keenam. Sedang RC213V besutan Marquez tertinggal 0.569 detik atas Iannone (1:24.470).

Setelah menempuh 30 menit pertama, posisi empat besar teratas Iannone, Dovi, Vinales, dan Marquez terus bertahan. Diam-diam Lorenzo menunjukkan progres dalam kecepatan dan berhasil melewati waktu Marquez. Begitu juga dengan Vaniles dapat memisahkan dua Ducati dari posisi 1-2.

Tiga menit terakhir, seluruh pembalap masuk lintasan. Rossi yang cukup lama mendekam di pit bikin kejutan. Tiba-tiba The Doctor menyodok keempat dan mampukah ia menyikat Dovi di posisi ketiga atau merampas tangga teratas dari genggaman Iannone?

Ducati memang benar-benar dahsyat. Dovi dan Iannone hanya bertukar posisi tanpa bisa diusik Vaniles maupun Rossi. Dovi yang tercepat dengan 1:23.617 mengasapi Vinales (ketiga) sampai 0.854 deetik dan Rossi (keempat) dengan 0.866 detik. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Red Bull Ring, Austria, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP Austria 2016 Jelang FP3: Kata Rossi, Terlalu Dini Menyerah Kalah Pada Ducati

MotoGP Austria 2016 FP2: Ducati Terlalu Perkasa, Rossi Keempat

MotoGP Austria 2016 FP1 : Maverick Vinales Bungkam Ducati, Rossi Lebih Cepat dari Marquez

MotoGP 2016 Austria (Jelang FP1/FP2): Iannone Siap dan Ingin Segera Bertempur

BAGIKAN