nhk

MotoGP Austria 2016 FP3 :Ducati Kian Cepat, Rossi dan Lorenzo Beri Ancaman

ManiakMotor – Menarik disimak ucapan pembalap satelit Ducati D. Petrucci. Kalau kondisi trek Red Bull Racing kering, motor-motor Ducati akan ngacir ke depan. Setelah dua kali latihan bebas kemarin, memang 5 Desmosedici GP mengasai lima tempat dan di FP2 yang terakhir di hari pertama, duo pembalap pabrikan Italia itu merebut tercepat 1-2 melalui Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Tak pelak, kondisi ini membuat tim dan pembalap putar otak. Rossi yang paling berpengalaman di seluruh kontestan mengaku sulit bisa mendekati Ducati. Malah ia punya taktik saat balapan nanti untuk melakukan slipstream, tapi takut malah tidak finish. Bisa karena kehabisan bahan bakar, ban cepat aus atau mesin jebol. Itulah risikonya.

Honda yang punya tenaga cukup mumpuni, coba ‘mengganggu’ Ducati dengan cara menekan. Tentu, Dovi dan Iannone akan ngacir jauh-jauh. Nah, siapa tahu mereka lupa tidak bisa menjaga ban, sehingga dengan balapan 28 lap, galak di awal sampai pertengahan, justru kewalahan di jelang akhirnya.

Wah, kalo taktik Rossi dan Marquez itu dipadu, bukan tidak mungkin Ducati bisa keok. Tapi, kita harus lihat dulu sesi latihan bebas ketiga (FP3). Apakah ada progres signifikan dari tim Italia itu, juga Honda dan Yamaha.

Sama seperti FP2, kali ini duo Ducati masih teratas. Dovi yang tercepat mencatat 1:23.617, sama dengan waktu FP2. Begitu juga Iannone yang membayang kedua, juga terpaut 0.238 detik, sama seperti kemarin siang. Berarti, tidak perubahan dari Ducati atau mereka sengaja tidak melakukan sesuatu sambil melihat performa lawan.

Di luar Ducati, justru Honda tampil paling signifikan. Marc Marquez yang latihan penutup punya waktu 1:25.039 dan berada di urutan ke-10, kali ini melejit keempat setelah memperoleh waktu terbaik 1:24.265. Ia kalah cepat 0.648 detik sama Dovi.

Progres luar biasa juga dibuat Lorenzo. Yamaha M1 yang 1:24.986 kemarin, hari ini dapat lebih cepat lagi dengan torehan 1:24.040 dan menduduki posisi keempat diikuti Rossi kelima.

 Melihat Yamaha dan Honda bangkit, Ducati pun tidak diam. Iannone melompat paling atas dengan 1:23.327. Vinales yang tercepat di FP1 kali ini harus puas ketiga, tapi masih di depan Lorenzo dan Rossi. Sedang Marquez melorot ke-9.Rezki

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 jelang FP3: Marquez Fokus Pada Rossi dan Lorenzo

MotoGP Austria 2016 Jelang FP3: Kata Rossi, Terlalu Dini Menyerah Kalah Pada Ducati

MotoGP Austria 2016 FP1 : Maverick Vinales Bungkam Ducati, Rossi Lebih Cepat dari Marquez

Hasil MotoGP Red Bull Ring, Austria, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

BAGIKAN