nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang : Duet Iannone – Rins Bisa Bikin Suzuki Lebih Hebat

ManiakMotor – Penampilan tim Suzuki Ecstar di motogp tahun ini cukup bersinar. Buktinya, dalam klasemen pabrikan mereka menduduki peringkat ketiga dengan total 134 angka. Jumlah tersebut masih lebih baik 33 angka dari tahun lalu. Ini berkat penampilan konsisten dari pembalap Maverick Vinales yang tahun depan sudah duduk di atas jok yamaha M1 bersama Rossi.

Kalau saja Suzuki menuruti keluhan Vinales, mungkin hasilnya akan lebih baik lagi. Atau sebaliknya, lebih buruk. Pembalap Spanyol yang sempat naik podium ketiga di Perancis itu mengeluhkan soal akselerasi dan itu diakui oleh manajer tim Davide Brivio adanya keluhan itu.

Tapi, Brivio menilai kondisi Suzuki GSX-RR sudah jauh lebih baik dibanding tahun lalu. “Motor kami terlihat baik dalam pengendalian, dalam perubahan jalur balap, dan kecepatan menikung. Saat ini kami sedang meningkatkan kecepatan di trek lurus. Tapi, itu semua tidak jelek lah,” tegas Brivio.

Sekarang ini, Suzuki sedang fokus pada pengembangan daya cengkeram ketika motor ke luar tikungan, juga traksi. Keduanya merupakan area yang perlu perbaikan. “Sebagian dari itu, Suzuki fokus pada update mesin dan sasis,” sambung Brivio.

Diakuinya, Suzuki punya  sasis yang baik, mungkin sulit untuk ditingkatkan. Pasalnya, pembalap memilih sasis yang berbeda sesuai dengan gaya balapnya. “Bila Anda mendapatkan yang baik saat masuk tikungan, bisa jadi kurang baik saat ke luar. Atau bagus saat menikung, tapi tidak didukung pengereman yang bagus,” tutup Brivio.

Sepertinya Suzuki perlu fokus pada traksi dan utama daya cengkeram saat ke luar tikungan, mengingat gaya balap Andrea Iannone yang agresif, sama seperti Vinales. Bila dua kunci ini berhasil didapat, bukan tidak mungkin Suzuki melalui duet Iannone dan Alex Rins bisa melerai persaingan monoton antara Yamaha dan Honda. Dengan kata lain, mereka bisa bikin Suzuki lebih hebat dari tahun ini.  Rezki   

BACA JUGA 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Seru…! 4 Rookie Bakal Mengganggu Persaingan Rossi – Marquez 

MotoGP Austria 2016 Jelang: Mungkinkah Ini Pemicu Lorenzo Ambruk di Assen 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Mantab Bela Ducati 2017 Karena Ini

BAGIKAN