nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang FP :Ini Target Rossi Pada Ducati, Honda Tunggu Hasil FP1

ManiakMotor – Usai melakukan jumpa  pers, kemarin (11/8), Valentino Rossi paling diburu wartawan. Karena, dialah satu-satu dari seluruh rombongnan sirkuit motogp yang berlaga di seri 10 (14/8-2016) punya pengalaman di Red Bull Ring. Berbicara soal performa Yamaha M1 dan calon lawan, mantan juara dunia 9 kali itu buka suara.

Katanya, soal Ducati yang gahar di trek Spielberg ini, kuncinya, “Paling utama, kita mampu tiba di depan mereka (Ducati). Selanjutnya, menempatkan salah satu atau kedua Ducati di antara Yamaha dan Honda,” tegas VR mengenai target menggeser Ducati.

Ducati memang kencang di trek Red Bull ini. Dari dua kali tes, motor-motor Italia itu mendominasi kecepatan. Bahkan tercepat bergantian direbut duo pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Kendati cepat, belum jaminan meraih kemenangan pertama yang sangat diharapkan Ducati setelah lebih 5 tahun belum pernah naik podium pertama.

Pasalnya, tim pabrikan Italia itu punya dua kelemahan di balik kecepatan Desmosedici yang mumpuni. Pertama, mereka mengalami kendala dengan roda belakang yang bikin kompin cepat aus. Siapa tahu dengan ban baru yang dibawa Michelin bisa teratasi. Menjadi pertanyaan ketika melakukan race 28 laps.

Kendala kedua, pada pembalap. Penampilan duo Andrea ini tidak stabil. Apalagi bila mendapat tekanan lawan, keduanya malah balap di pinggir lintasan, maksudnya jatuh bro. Belum lagi menghadapi cuaca buruk alias trek licin.

Mungkin inilah yang dimaksud Rossi harus bisa tiba di depan Ducati. Ketika ditanya, apakah Ducati bisa membantu menutup celah Marquez buat dirinya dalam ketertinggalan 59 angka dengan pembalap Honda, “Saya pikir itu akan sulit.” Boleh dijabarkan, point harus dikejar sendiri nggak atas bantuan orang lain.

Rossi sendiri saat ditanya soal Honda, “Ini yang menjadi tanda tanya besar. Kami tidak tahu potensi Honda karena mereka tidak ikut dalam tes,” ujar Rossi.

Sesi latihan resmi 1 (FP1) meski belum jadi patokan, tapi sudah menjadi gambaran dasar akan kekuatan Honda. Bila RC213V mampu meninggalkan jarak dengan Yamaha di atas 0,500 detik, berarti sulit buat Rossi maupun Lorenzo bisa melakukan persaingan. Terlebih Red Bull Racing ini mempunyai karakter cepat.

Selain itu, penampilan Marc Marquez sebagai ujung tombak skuad Repsol Honda sudah berubah. Ia tidak lagi emosian. Tahu kapan harus bersabar dan menyerang. Perubahan itu sudah ditunjukkan pemimpin klasemen sementara dengan 170 angka sejak dari Assen dan Sachsenring.

Mari kita tunggu hasil FP1 sore ini. Rezki 

BACA JUGA 

Hasil MotoGP Red Bull Ring, Austria, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP Austria 2016 Jelang: Mbah Rossi Ingatkan Pembalap Di Dua Tikungan Ini 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Keluhan Rossi Soal Ban Belakang Direspon Michelin 

MotoGP Austria 2016 Jelang: M1 Sih Oke, Rossi Hanya Butuh Keberuntungan 

MotoGP Austria 2016 : KTM Tetap Tampil di Austria, Tapi Hanya……Maaf!

 

BAGIKAN