nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang: KTM Nggak Jadi Wild Card Di Negara Sendiri, Ikut Di Valencia

ManiakMotor – Rencananya KTM yang memproklamirkan ikut MotoGP pada awal 2016 lalu, mengejar target ikut ronde 10. Event ini berlangsung di negara merek KTM alias Austria. Maksudnya akan ambil bagian di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg,  Austria pada 14 Agustus 2016. Tapi hal itu ditunda melihat selisih mereka dengan catatan waktu yang tercepat MotoGP.

Selisih itu didapat saat test resmi IRTA yang juga berlangsung di Austria usai ronde 9 di Jerman. KTM selama ini hanya melakukan tes dewek-dewek dan sekarang bergabung dengan kontestan tetap MotoGP 2016. Mereka bisa ukur motor yang pakai rangka tubular khas KTM tersebut. “Secara teknis KTM belum melakukan langkah maju, tapi dari catatan wakti per lap kami punya perkembangan. Selisih hanya satu setengah sampai dua detik,” ujar direktur teknis KTM Sebastian Risse.

Tapi Risse bilang, ketinggalan segitu belum sesuai harapan untuk ikut di GP Austria. Pasukannya  masih perlu melakukan pengembangan  lanjutan. Terutama pada wawasan manajemen ECU dan ban Michelin. “Kami akan berkonsentrasi pada poin mendasar tersebut. Harus punya referesnsi bagaimana tim lain mengelola elektronik, ban dan ditambah set-up  normal,” jujur Risse pada kelemahan timnya.

KTM akan melanjutkan pada tes tersendiri dan akan bergabung dengan tes resmi IRTA sebelum seri terakhir Valencia. Sebab di Valencia itu berharap ada kemajuan dan akan ikut wild card di ronde terakhir. Begitu rencananya dengan selisih masih bermain 1.9 detik dan 2 detik lebih dari dua joki penguji KTM di Austria.

Dua pembalap tersebut adalah Mika Kallio dan Thomas Luthi yang keduanya jebolan Moto2. Kallio sudah mendingan karena di tes hari kedua dia cuma tertinggal 1.951 detik dari Andrea Iannone yang tercepat dengan menit 23.240 detik. Sedang Luthi masih tertinggal 2.465 detik dari Iannone dan keduanya berada di urutan 17 dan 18 dari 18 peserta yang ikut tes Austria.

Kallio sendiri yang digadang-gadang akan ikut wild card di Valencia mengaku siap. Katanya tidak terduga saat bergabung dengan peserta tetap MotoGP dia hanya tertinggal 1.9 detik. “Saya pikir itu catatan yang bagus lantararan bergabung dengan peserta tetap. Kami masih punya waktu untuk meningkatkan motor sebelum balapan di Valencia,” tegas Kallio.

 Lagian rencana sebenarnya KTM akan ikut full series pada 2017 nanti. Ito

BACA JUGA

Moto2 2016 : FIM Umumkan Penyebab Kematian Luis Salom, Tim Tuding Kondisi Trek

MotoGP Austria 2016 Jelang: Capek Merayunya, Balap Atau Tidak, Terserah Stoner..!

MotoGP 2016 Paruh Musim: Rossi ‘Kelihatan’ Dirongrong Usia, Mulai Lelah Di Balapan Krodit

MotoGP Austria 2016 (Tes) : Ducati Siap Bila Stoner Mau Balap di Austria, Lorenzo Terkesan

MotoGP 2016 Austria (Tes): Rossi Penasaran, Tunggu Marquez Tiga Minggu Lagi Di Red Bull Ring

 

BAGIKAN