nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya

ManiakMotor – Harapan Jorge Lorenzo bisa memulihkan mental dan rasa percaya diri di sisa liburan tinggal dua minggu sampai tiba balapan seri 10 di Red Bull Racing, Austria, 14 Agustus mendatang, sepertinya tidak pulih 100 persen. Bahkan lebih dari 50% saja tidak. Wua…aaalah, kenapa JL? Pasalnya, dirinya terus ‘dihantui’ rasa takut dan cemas setelah mengikuti sesi tes privat dua hari sampai sekarang.

Wah……bisa-bisa kejadian di Sachsenring, Jerman terulang lagi. Bukan terguling tiga kali, mungkin bisa lebih. Ia menggambarkan tikungan kedua sangat berbahaya. Diawali masuk ke kanan yang ringan tapi sempit dilanjutkan menikung ke kiri lantas area pengereman di titik yang menanjak. “Ini sangat berisiko lantaran dekat dengan dinding pembatas,” papar Lorenzo.

Sebenarnya bukan tikungan itu saja, masih ada tiga atau empat. Bedanya, bukan sudutnya melainkan terlalu dekat sama dinding pembatas, terutama yang titik pengereman dekat. “Seperti tikungan 2, datang dengan kecepatan 340 atau 350 km/jam Anda merebah di sisi kiri. Ketika masuk zona pengereman, dinding di kiri sangat dekat.

Dari dua kali sesi tes privat, pembalap Spanyol yang kini menduduki peringkat kedua sementara mengantongi 122 angka (tertinggal 48 angka dengan Marquez) sedikit resah. “Kalau saya paksakan lebih cepat lagi, sudah pasti terlempar dari motor,” ujar Lorenzo.

Wilco Zeelenberg, Team Manager Yamaha mengakui kalau Lorenzo sudah kehilangan kepercayaan. Ban depan Michelin tidak banyak membantu ketika menghadapi kondisi hujan. Beda dengan Bridgestone, punya banyak pilihan, sehingga Anda punya banyak persaaan sama ban. “Nah, Lorenzo sendiri punya gaya balap yang pada kasus tertentu sangat bagus, sangat tepat, apalagi sudah mendapatkan irama balapnya,” bilang Wilco.

Lain cerita jika performa Yamaha M1 sangat mumpuni. Mungkin rasa takut dan kecemasan rekan setim Valentino Rossi ini akan sirna dan sekaligus jadi obat pemusnah. Ya, kuncinya nanti pada saat sesi latihan bebas pertama. Jika catatan waktunya jauh sama pasukan Ducati, bahaya bagi Lorenzo. Ini belum termasuk kondisi cuaca. Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Keluhkan Motor dan Support Tim 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Mantab Bela Ducati 2017 Karena Ini 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Stefan Bradl Tinggalkan MotoGP, Tahun Depan Pacu Honda 

MotoGP 2016 Paruh Musim: Rossi ‘Kelihatan’ Dirongrong Usia, Mulai Lelah Di Balapan Krodit

BAGIKAN