nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang: Lorenzo, Sirkuit Red Bull Ring Nggak Layak, Bahaya.. Gawat..!


 

ManiakMotor – Tentu sudah lulus dari ketentuan atas rekomendasi FIM, IRTA dan Dorna Red Bull Ring, sirkuit di Austria. Itu litar dalam 20 tahun terakhir baru muncul lagi dalam agenda MotoGP tahun ini. Sirkuit dari negara KTM itu akan digunakan ronde 10 pada 14 Agustus nanti yang 3 hari kemudian hari kemerdekaan.

Jorge Lorenzo malah prihatin pada sirkuit tersebut. Katanya sih sangat berbaya untuk keselamatan para pembalap. “Ada tiga atau empat sudut sangat berhaya buat motor MotoGP. Dinding pembatas lintasan sangat dekat jalur dan run off area juga pendek. Salah mengerem pasti akan berhadapan dengan dinding,” jelas Lorenzo yang bukan berati ciut nyali.

Lorenzo bicara usai melakukan testing usai GP Jerman lalu. Dia malah nggak perhatian mencari setingan dan mempelajari racing line, tapi malah memperhatikan kelayakan sirkuit. Itu hak dia memang. Sebab sirkuit Red Bull Ring ini rata-rata sudutnya berkecepatan tinggi. Dari panjang sirkuit 4.3 km, hambatannya hanya ada 10 tikungan.

Bandingkan saja dengan Sachsenring yang hanya 3.7 km, tapi kecepatan per lap dengan Red Bull Ring nyaris sama. Ingat, ya sirkuit di Jerman itu lebih pendek 600 meter. Itu pun perbandingannya diambil saat test kemarin di Austria.Kecepatan ini pun baru tes, belum balapan yang pasti akan berkembang jauh speednya.   

Lorenzo kembali cerita tikungan atau sudut alias turn 2. Tikungan ini sangat riskan bila salah perhitungan. Itu sebenarnya trek lurus cuma ada belokan sikit yang menanjak. Maka tembok-tembok pembatasnya pun di bibir lintasan. “Mendingan area itu dimodifikasi. Sampai di tikungan ini kecepatan mencapai 340-350 km/jam dan motor akan berada di sisi kiri. Bagaimana bila ada lawan di depan yang menutup jalur, bila salah antsipasi pengereman dan reaksi, motor akan menuju ke dinding pembatas,” wanti Lorenzo.

Pokoknya Lorenzo mengkritik habis dan mempertanyakan layout sirkuit tersebut menyangkut keamann. Selain R2 tadi, juga soal run off yang sempit. Termasuk di tikungan terakhir yang kalau out langsung menuju tembok. Lalu, gimana nih panitianya? Ito

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 Jelang: Beban Rossi Jadi Enteng Ketinggalan Di Klasemen, Mengejar-Dikejar

MotoGP 2016 Jelang Austria: Maraquez Gosipin Pedrosa, Soal Anak Tiri Honda

MotoGP Austria 2016 Jelang: Marquez Gosipin Rossi, Tunggu Total Battle Lagi

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Keluhkan Motor dan Support Tim

BAGIKAN