nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang: Mbah Rossi Ingatkan Pembalap Di Dua Tikungan Ini

ManiakMotor – Rombongan sirkus MotoGPp sudah berada di Austria yang besok (12/8) mulai melakukan latihan resmi pertama (FP1) dan FP2. Disebut MotoGP Austria 2016 sebagai ronde 10 di sirkuit Red Bull Racing. Ratusan jurnalis sudah pasti memburu Valentino Rossi dari tim Yamaha Movistar. Karena, hanya dia satu-satunya punya pengalaman pernah berlaga di trek bernama asli Spielberg pada 1996 dan 1997 yang ketika itu turun di kelas capung alias 125cc (sekarang moto3).

Setelah 19 tahun The Doctor datang dan bertarung di kelas premium dengan posisi peringkat ketiga klasemen sementara. Ia defisit 59 angka dari pemimpin klasemen yang dipegang Marc Marquez dari Honda dengan total 170 angka. Kendati begitu, ia punya ‘rekaman lama’ soal lintasan yang tergolong cepat dengan 10 tikungan dan sangat berbahaya di beberapa tempat.

Ada dua pertanyaan yang saling berkaitan disasar ke juara dunia 9 kali ini. Pertama, menyangkut kondisi Yamaha M1 besutannya. “Ya, dari sisi tenaga, ini bukan trek kami. Kalah dalam kecepatan tinggi dan di trek lurus kehilangan cukup banyak. Jadi, bukan trek yang sempurna untuk M1,” sebut VR.

Ucapannya itu sudah terbukti kala latihan privat, awal Juli. Dalam dua hari, hasil terbaik menempati urutan kelima di bawah rombongan Ducati. “Kaami akan sulit sama Ducati, belum lagi mengetahui potensi Honda,” lanjut VR.

Itu soal motor yang tentu akan diseriusi setingannya untuk menambah top speed sejak sesi latihan. Bagaimana dengan lintasan? Di sini, katanya, kecepatan rata-rata motor sangat tinggi dan banyak kesempatan untuk buka abis gas. “Cukup menarik trek ini dan saya suka dengan tikungannya. Terutama ketika menuruni bukit lalu disambut tikungan 5, 6, 7 dan dua tikungan terakhir. Sayangnya, ini sangat berbahaya,” analis  Rossi.

Dari semua tikungan, Rossi menunjuk dua tikungan paling berbahaya. Yakni, keluar ke kanan dua tikungan terakhir. Di situ, sebutnya, sangat sempit dan tidak bisa mengakali agar bisa lebih lebar untuk meluncurkan motor. Maksudnya pergerakan motor pada out-in-out sangat terbatas, padahal dalam keadaan cepat.

Nah, dengerin nih buat pembalap lain wejangan dari Mbah Rossi kalau ingin selamat saat latihan, kualifikasi maupun balapan.Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Keluhan Rossi Soal Ban Belakang Direspon Michelin 

MotoGP Austria 2016 Jelang: M1 Sih Oke, Rossi Hanya Butuh Keberuntungan 

MotoGP Austria 2016 Jelang: Rossi Kudu Perbaiki Motor Keduanya, Bikin Gagal Mulu 

MotoGP Austria 2016 : KTM Tetap Tampil di Austria, Tapi Hanya……Maaf!

BAGIKAN