nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang : Keluhan Rossi Soal Ban Belakang Direspon Michelin

 

ManiakMotor – Ketika pembalap motogp melakukan tes di Red Bull Ring bernama asli Spielberg di Austria, Juli lalu – minus Repsol Honda dan Yamaha Tech 3 – pada mengeluh soal ban. Terutama yang belakang, cepat aus. Nah, sama seperti di Sachsenring, Michelin membawa ban depan asimetris, khusus menghadapi seri 10 di Austria, pekan ini (14/8) mereka membawa dua kompon baru untuk ban belakang.

Valentino Rossi yang sudah tes di Austria dengan hasil terbaik urutan kelima mengatakan,”Semua pembalap memiliki beberapa masalah dengan ban. Nggak cuma Ducati, tapi juga kita. Saya pikir kita perlu ban terkeras,” ujar VR. Tentu hitungannya, itu sirkuit beraspal baru yang pori-porinya masih kasar menggerus kompon.

Di pihak lain, Andrea Dovizioso yang sempat menjadi tercepat di hari pertama tes juga mengeluhkan karet alas roda. Kata pembalap Italia itu, ban yang dipakai sekarang tidak mendukung untuk balapan. “Desain lintasan yang sempit, benar-benar menuntut daya tahan ban belakang. Apalagi suhu udara tinggi, sangat menyulitkan,” keluh Dovi.

Sementara Lorenzo hanya berharap, ban baru Michelin bisa memberi keuntungan dari semua sisi, mulai akselerasi dan stabil saat pengereman. Di beberapa balapan, saat suhu udara tinggi, ada bagian ban yang terkelupas. “Apalagi Ducati yang mempunyai tenaga besar, ban suka spin, dan menciptakan lebih banyak suhu,” sebut JL yang baru putus sama sang kekasih. Maksudnya dengan adanya spin, suhu ban meningkat pesat bagian dari cepatnya ausnya ban.

Produsen ban Perancis itu akan membawa dua ban belakang baru berkompon medium dan satu kompon keras saat balapan di Austria nanti. Bocorannya, desain kedua tipe ban itu sama seperti depan, yakni asimetris. Pada bagian kanan berkompon lebih keras. Pertimbangannya, lantaran tikungan ke kanan lebih banyak.

MotoGP Austria akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru, “Tidak hanya untuk Michelin, tapi seluruh paddock,” papar Piero Taramasso, Manager Motorsport Roda Dua Michelin. Dari seluruh peembalap, hanya Rossi yang punya pengalaman di Spielberg. Namun, kala itu ia masih membalap di kelas capung.

Ya, kita liat, mampukah Rossi memenangkan lomba? Rezki 

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 Jelang: M1 Sih Oke, Rossi Hanya Butuh Keberuntungan 

MotoGP Austria 2016 Jelang: Rossi Kudu Perbaiki Motor Keduanya, Bikin Gagal Mulu 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Keluhkan Motor dan Support Tim

BAGIKAN