nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang : Seru…! 4 Rookie Bakal Mengganggu Persaingan Rossi – Marquez

 

 

ManiakMotor – Musim kompetisi 2017, motogp bakal diikuti banyak pembalap baru. Sedikitnya tercatat 4 rookie dari moto2 akan berlaga di kelas utama. Bukan tidak mungkin di antara mereka ada yang bisa membuat kejutan, meski berada di tim satelit dan tim pabrikan baru. Mendiang Marco Simoncelli sempat melakukan itu dengan merepotkan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Keempat rookie itu adalah Johann Zarco dari Perancis dengan prestasi tertinggi juara dunia 2015 di Moto2. Tahun ini pun pembalap asal Jerman itu berpeluang untuk mempertahankan mahkotanya dengan memimpin klasemen sementara dengan 151 angka dan unggul 25 angka atas Alex Rins dari Spanyol. 

Zarco akan berlomba membela bendera tim satelit Yamaha Tech3 yang tidak lagi memperpanjang kontrak dengan Pol Espargaro dan Bradley Smith. Jok Yamaha M1 satu lagi akan diisi oleh Jonas Folger dari Jerman.

Meski tidak diperpanjang kontraknya, Pol yang baru menjuarai lomba ketahanan motor 8 jam Suzuka dan Smith masih tetap di motogp. Bahkan pembalap Spanyol dan Inggris itu tetap satu tim, yakni di tim baru KTM. Tim pabrik bro.

Bila Rins gagal merebut gelar juara dunia moto2 tahun ini, pembalap Spanyol itu sudah pasti melangkah ke kelas puncak. Malah, nasibnya lebih bagus dari kedua pesaingnya (Zarco dan Folger). Ia akan mengibarkan bedera tim pabrikan Suzuki mendampingi Andrea Iannone dari Italia. Performa Suzuki cukup bagus untuk bersaing sama Honda dan Yamaha.

Satu lagi rookie dari Moto2 Sam Lowes yang disponsori oleh Federal Oil dari Indonesia. Ia akan tampil bersama pabrikan Italia, Aprilia. Di antara keempat rookie ini, Zarco dan Rins yang paling menonjol. Apalagi Rins bersama Suzuki yang tahun pertama saja sudah mampu mengimbangi Yamaha dan Honda.

“MotoGP kategori baru, tapi saya pikir sama Yamaha merupakan kesempatan yang baik untuk memulai. Di sini saya ingin mendapatkan banyak informasi dan juga kepercayaan dari Jepang. Ini tempat yang baik untuk memiliki motor yang baik,” bilang Zarco. Hal senada juga disampaikan oleh Folger.

Nah, dengan masuknya Zarco, Folger, Rins, dan Lowes tercatat sebagai jumlah terbanyak hijrah dari moto2 dibanding tahun lalu berjumlah 3 (Tito Rabat, Maverick Vinales, dan Aleix Espargaro). Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Austria 2016 Jelang: Mungkinkah Ini Pemicu Lorenzo Ambruk di Assen 

MotoGP Australia 2016 Jelang: Valentino Rossi Tetap Semangat Tempur Kejar Point 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Masih Dihantui Rasa Takut dan Cemas, Ada Obat Pemusnahnya 

MotoGP Austria 2016 Jelang : Lorenzo Mantab Bela Ducati 2017 Karena Ini

BAGIKAN