nhk

MotoGP Austria 2016 Jelang: The Waterfall, Chamber Tikungannya Negatif..!

ManiakMotor – Minggu depan dimulai lagi paruh musim MotoGP 2016 di Red Bull Ring, Austria. Tapi tengok agak ke belakang ke sirkuit Sachsenring, Jerman, terutama tikungan 11. Di area itu lintasannya sangat mulus, nggak ada bumpy sama sekali. Tapi nape banyak yang terjungkal di situ saat ronde 9 lalu.

Penyebanya turn (T) yang mengarah ke kanan itu disebut jalur air terjun alias The Waterfall. Di situlah dari sekian banyak tikungan Sachsenring yang lambat, T11 adalah yang cepat. “Seperti sirkuit di mana pun di dunia, pasti ada kelemahannya. Untuk Sachsenring di T11 harus mengubah chamber dan itu butuh perombakan besar karena akan berpengaruh pada tikungan lain. Itu menjadi dilema dari berbagai persoalan sekarang. Tapi kalau chamber itu bisa diperbaiki, di situ bisa lebih aman,” sebut Mike Web, race director MotoGP yang berbicara atas masa depan MotoGP,  agar motor mudah dikendarai oleh peserta, sehingga joki kian cepat di lintasan.

Menurut laporan crash, di T11 memilki chamber negatif. Maksudnya, miringnya landasan menikung malah searah motor (menurun). Biasanya dan semua tikungan untuk sadaran motor menikung, model chambernya positif atau berlawanan dengan arah panah pada foto di atas. Chamber postitif itu macam landasan tong setan sebelum ke dinding yang tegak. Kalau di motocross disebut berm.

Sampai di T11itu bila salah antisi ban di roda depan akan kekurangan pegangan. Sifat motor akan merosot. Rodanya  nggak ada ‘sandaran’ karena kemiringannya malah menurun searah lmeuncurnya motor. Salah satu dari sekian banyak yang jatuh kemarin adalah Jorge Lorenzo.

Kian terasa bila suhu lintasan dingin seperti hari pertama ronde 9 di Sachsenring. Ban sangat kekurang senyawanya. Makin menjadi lantaran sebelum T11, ban lebih panas di sisi kiri, karena 7 tikungan sebelumnya mengarah ke kiri. “Saat itu lintasan hanya 14oC dan Michelin baru mengeluarkan ban baru asimetris. Tapi ini pengalaman buat Michelin untuk menciptakan ban super lembut bila ketemu cuaca seperti itu di Jerman,” tambah Web.

 Hanya masalah ban to. Lalu gimana dengan keluhan Lorenzo soal sirkuit di Austria yang berbahaya di beberapa sudut? Sebab sirkuit itu akan digunakan untuk ronde 10 minggu depan? Ito

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 Jelang : Duet Iannone – Rins Bisa Bikin Suzuki Lebih Hebat

MotoGP Austria 2016 : KTM Tetap Tampil di Austria, Tapi Hanya……Maaf!

MotoGP Austria 2016 Jelang : Seru…! 4 Rookie Bakal Mengganggu Persaingan Rossi – Marquez

MotoGP Austria 2016 Jelang: Mungkinkah Ini Pemicu Lorenzo Ambruk di Assen

MotoGP Austria 2016 Jelang: Tubuh Maverick Viñales Masih Di Suzuki, Jiwanya Di Yamaha

BAGIKAN