nhk

MotoGP Belanda 2017: Rossi, Race MotoGP Duluan Dari Moto2, Beda Karet Dunlop Dan Michelin

46 Rossi 2017 VR-q

ManiakMotor – MotoGP menggunakan ban Michelin dan Moto2 pakai Dunlop. Keduanya dianggap berlainan komponnya, sehingga nggak menyatu. Mungkin karet Michelin diambil dari Indonesia dan getah Dunlop dari Brasil, haha. Sisa kompon yang ditinggalkan usai race Moto2 yang melapisi racing line, malah menyulitkan pembalap MotoGP.

Begitu alasan teknik yang dikemukan Valentino Rossi di Assen, Belanda pada Kamis 22 Juni, untuk mengubah jadwal Moto2 dan MotoGP. Rossi ingin, race MotoGP di depan Moto2, tidak seperti sekarang usai Moto2 baru MotoGP yang dilaksanakan.

“Ini hanya mengubah sedikit jadwal. Pembalap dan kru di MotoGP harus bangun lebih awal untuk siap-siap dan melakukan warm-up. Karena jadwal maju 40 menit,” sebut Rossi yang bilang jadwal seperti ini pernah terjadi dengan kasus yang hampir sama, di mana jadwal Moto2 di depan MotoGP. Omongan Rossi itu ada di video ini.

Bagi Rossi yang sangat krusial usai balapan Moto2 semua level grip berubah. Motor yang sudah disetel dan dipastikan dari warm-up ternyata tidak sesuai kenyataan ketika lomba. “Itu tadi, karet Dunlop yang digunakan di Moto2 tidak bisa bersenyawa dengan Michelin yang digunakan MotoGP, hasilnya malah lincin. Tapi saya tidak mengerti dengan yang lain dan tindakan selanjutnya,” pungkas Rossi.

Maksudnya tinggal tergantung Dorna sebagai penyelenggara. Sebab jadwal juga berhubungan dengan bisnis balapan yang dikelola promotor dari Spanyol ini. Ya, menyangkut jam tayang di antara semua benua dan sebagainya. Miolo

BAGIKAN