nhk

MotoGP Belanda, Sudah Sewajarnya Stoner

 

ManiakMotor – Banyak alasannya,  Casey Stoner sewajarnya menang dalam seri 7 MotoGP  di Assen. Repsol Honda Team yang dibelanya adalah tim paling kaya dan pasti bisa bikin motor kencang. Lawan beratnya, Jorge Lorenzo telah jumpalitan lebih dulu.  Kebangatan, kalau dia mengeluh soal ban, rangka dan suspensi.  Apalagi, di lomba yang diadakan Sabtu, 30 Juni ini, dia kembali dipayungi istrinya, Adriana.  Lengkap sudah dukungan mental pada pembalap Australia itu.

Taktiknya menempel teman setimnya Dani Pedrosa, hanyalah untuk ‘mencuri tulang’ sebentar. Stoner tahu, ancaman dari belakang sama sekali zero. Dua Honda RC213 itu, sudah di atas angin.

Berlindung dari belakang Pedrosa adalah pilihan cerdik. Tenaga tidak terkuras diterpa angin, otak tidak perlu pening mengamati racing line dan ban cenderung dingin.

Itu keuntungan mencuri angin di balap motor. Persis sampeyan  mencuri angin di belakang bis misalnya. Pasti motor lebih ringan dan bensin irit. Tapi, hati-hati kalau bisnya rem mendadak. Urusannya bukan soal bensin, tapi nyawa. Nah, Pedrosa jadi ‘senter’-nya Stoner  separuh lomba. “Peluang selalu ada, di Assen ini saatnya. Motor ini sudah diperbaiki setelah di Silverstone  sangat sulit menikung ke kiri,” kata Stoner sembari tersipu-sipu dan  tanpa ada keluhan.

Biasa, menang semuanya baik-baik saja. Apalagi, lawan paling dekat alias Lorenzo dapat point nol.  Posisi di klasemen sudah sama-sama 140. Nah, kejadian Lorenzo seperti dibilang kemarin, bahwa dia akan dikalahkan percaya diri yang tinggi. Lihat saja, start pun dia salah dan membuatnya terjebak di rombongan tengah yang akhirnya bersenggolan dengan Bautista. Kalau startnya bagus, harusnya dia senggolan dengan Stoner dan Pedrosa atau Ben Spies yang lap-lap awal ke-3. Itu logikanya.

Tunggu Catatan MotoGP, ya. Segera…

BERITA TERKAIT:
Hasil Klasemen Semua Kelas Dan Sesi MotoGP Belanda, 28-30 Juni 2012
MotoGP Belanda, QTT-nya Stoner
Masalah Grip Ban Belakang Masih Hantui Casey Stoner
BMW M Award. Stoner Berpeluang Gondol BMW M3 Coupe
MotoGP Belanda, Peluang Jelas Pada Yamaha
MotoGP Belanda, Rossi ‘Mengerti’ Soal Motornya
Catatan MotoGP, Apa Itu Sirkuit Cepat, Mas?


   

BAGIKAN