MotoGP: Brivio, Titel 2020 Berkat Kinerja Mir Dan Suzuki, Bukan Satu Sirkuit 2 Balapan..!

Brivio dan Joan Mir

ManiakMotor – Bisa saja ada yang bersuara Joan Mir juara dunia dan Suzuki punya kinerja bagus karena situasi Corona. Kan serial MotoGP 2020 dipersingkat sekaligus diperpadat. Dari 20 seri tinggal 14 seri. Itu diselingi satu sirkuit mewadahi dua balapan. Di dua balapan itu disebut keuntungan buat Mir dan Suzuk.

Ada lima sirkuit pada 2020 dua kali beruntun seperti Jerez, Red Bull Ring, Misano, Aragon, dan Ricardo Tormo. Mir yang tahun kedua di MotoGP disebut lawan punya keuntungan. Pada penamilan berikutnya di sirkuit yang sama dia lebih hapal. Demikian pula para teknisi yang bisa mempertajam arah setelan set-up Suzuki GSX-RR si Mir dan performanya pada sirkuit sama.

Tapi itu semua bro dibantah. Yang membantahnya tentu saja, Davide Brivio manajer Suzuki Ecstar, “Justru dua balapan di sirkuit sama, lawan kami yang memanfaatkan. Suzuki sejak datang pekan pertama malah yang cepat beradaptasi menemukan set-up. Pada penampilan pekan kedua di tempat sama, lawan kami yang unggul. Silakan lihat data,” kata Brivio meluruskan dan begitu dilihat di hasil lomba memang benar yang dibilang Brivio.

Menurut Brivio, Suzuki pada 2020 malah lebih bekerja keras dibanding lawan soal berpikir kreative seperti iklan ini, ketika semua diperintahkan oleh awal-awal pandemi Covid-19. Termasuk di dalamnya begitu aturan soal pengembangan motor MotoGP 2020 dikunci oleh FIM dan Dorna.

“Jadi, setelah tes Qatar pada Februari 2020, kami harus tetap di rumah, karena tersambung situasi pandemi. Tapi saya katakan pada teknisi, jangan pernah berhenti bekerja. Bahkan selama lock-down, teknisi mengembangkan elektronik dan menganalisis data,” tambah Brivio soal kiat mereka juara dunia.

Selanjutnya semangat ini yang terus dibawa ke 2021. Hambatan dilarang mengembangkan teknologi, itu hanya sebatas mesin. Di luar itu seperti rangka, suspensi dan elektronik bisa dimainkan. Bahkan untuk mesin ada celah dari pipa gas buang alias knalpot. Miolo

BACA JUGA

MotoGP: Kevin Schwantz Nasehati, Quartararo Ngerti Dan Perbaiki 2021..!

MotoGP: Antri Buat Tim Valentino Rossi Untuk 2022, KTM VR46 Racing Team..?

MotoGP: Testernya Pedrosa, KTM Lejitkan Pembalapnya, Diperpanjang 2021..!

Dovizioso: No Rossi No Party, Dia Membuat MotoGP Tenar, Dia Pensiun Berubah..!

BAGIKAN