nhk

MotoGP Brno 2016: Cal Crutchlow Brilian, Kemenangan Pertama Buat Inggris Setelah 35 Tahun

ManiakMotor – MotoGP Austria dan Brno akan menjadi catatan tinta emas, paling tidak bagi dua pembalap. Pertama, tentu Andrea Iannone yang berhasil menang di Austria (seri 10) sebagai yang pertama dalam karirnya di kelas puncak (sejak 2013) dan pertama juga buat Ducati setelah paceklik kemenangan sejak 2010. Pembalap kedua, Cal Crutchlow (dari Inggris) juga merupakan kemenangan pertamanya dan juga pertama  buat Inggris setelah teraknhir dipersembahkan oleh Barry Sheene 35 tahun lalu.

Cal memuji keberhasilan memenangkan seri 11 ini sebagai perasaan terbaik di dunia. Keputusannya dan tim memakai ban kompon keras depan-belakang dinilai sangat berani. Mengingat, hampir semua lintasan masih tertutup air. Meski rintik hujan sudah berhenti.

Makanya, lepas garis start dari urutan ke-10, belum ada tanda pembalap andalan tim satelit LCR Honda itu mengganas. Tapi, begitu sebagian jalur balap (racing line) mulai mengering, di situ Honda bernomor 35 sesuai dengan umurnya, merangsek ke depan sambil melumat satu persatu lawan. Termasuk, para pembalap pabrikan mulai dari Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Dovizioso, Iannone, Marc Marquez sampai Rossi.

Keringnya jalur balap membuat Cal begitu ganas menguras tenaga Honda RC213V. Sampai-sampai Rossi ditingggalkan 7 detik lebih. Bahkan, pimpinan tim LCR Luccio Cecchinello sedikit cemas sambil memberi kode tangan dari balik dinding pembatas untuk tampil tenang pembalapnya dan mengurangi kecepatan. Karena, kemarin (20/8) ia sempat terjungkal dari motor. Akhirnya, Cal yang tipikal pembalap agresif itu bisa menyelesaikan lomba.

“Saya benar-benar senang. Meski isyarat dari Lucio cukup menggangu. bayangkan, Anda diminta memperlambat sementara dari belakang mengejar. Tapi, saya memahami situasi itu dan aku mungkin lebih buruk dari dia kalau itu saya,” sebut Cal. Ditambahkannya,  kemenangan itu sudah lama datang di beberapa balapan seperti sachsenring (Jerman, finish kedua) dan masa lalu. Tapi, tidak ada yang lebih hebat dari kemenangan ini. Ia bangga karena menuai sukses di balapan yang sulit.

Diakuinya, ia membuat keputusan terbaik di Brrno. Katanya, jika depan dengan ban keras, belakang juga harus. “Jujur, ini adalah perasaan terbaik di dunia karena kemarin saya membuat bencana dan saya kinta maaf pada tim serta Honda. kami datang ke Brno sedikit lebih kuat dengan elektronik,” pungkas Cal. Rezki 

BACA JUGA

MotoGP Brno 2016: Rossi Sempat Diskusi Sama Michelin, Hanya Tidak Seberani Cal Crutchlow

MotoGP Brno 2016 Race: Cal Juara, Rossi Kedua Dengan Strategi Ban, 3 Marquez

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP brno 2016 Jelang Race: Dua Kekhawatiran Gelayuti Pikiran Rossi

BAGIKAN