nhk

MotoGP Brno 2016 Jelang FP1: Rossi Bilang Di Brno Balap Dari Nol Lagi

ManiakMotor – Meski terpaut 57 angka dengan pemimpin klasemen sementara Marc Marquez yang sudah mengantongi 181 angka, Valentino Rossi belum menyerah. Malah juara dunia 9 kali (dua diraih di 125 cc dan 250 cc) itu  dalam jumpa pers (18/8) mengatakan, peluangnya masih terbuka dan punya kesempatan untuk bersaing sampai akhir musim ini. Termasuk di balapan seri 11 di sirkuit Brno, Ceko, pekan ini (21/8).

Rossi mengakui, jauhnya selisih angka dengan MM karena kesalahannya. Ditambah lagi ketika balap di kandang sendiri di Mugello, Italia, tidak finish. Itu bukan karena kecerobohannya, melainkan mesin jebol. Sesuatu di luar dugaan.

Balapan masih panjang, ada 8 lomba lagi. “Saat ini, ada 7 pembalap punya kesempatan bisa memenangkan balapan. Jadi, sangat tergantung dari satu trek ke trek lainnya. Kami harus mencoba untuk bisa lebih kompetitif dan berusaha berada di atas,” ujar The Doctor mengenai peluang setiap pembalap pada setiak sirkuit.

Rossi juga mengakui di beberapa balapan lalu dirinya melakukan kesalahan. “Bagi kami, itu adalah  kelemahan dibandingkan Marquez. Meski cukup jauh (selisih angka), tetap punya potensi yang baik. Saat ini perlu melakukan sesuatu yang ekstra agar bisa mengambil poin dan memangkasnya,” tegas VR yang memang dari segi motor tak diragukan untuk melawan, tapi dari keberuntungan ya lihat saja sendiri.

Balapan di Brno ini, menurut Rossi sebagai awal untuk melakukan secara maksimal, termasuk menyabet poin. Dia pikir, mulai saat ini sampai akhir musim menjadi pertarungan besar. Keyakinan Rossi dilandasi oleh perkembangan Yamaha M1 yang terus membaik. Malah, ia membandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Tahun lalu, katanya, sangat gahar di latihan namun jeblok di lombanya. Sekarang, terseok di latihanm baik kualifikasi, balapannya sikit ‘terganggu’.

Soal trek Brno, di atas kertas menurut Rossi sangat baik untuk Yamaha. Persoalannya, ia dan tim lain datang ke Brno tahun ini dengan ban Michelin. “Jadi, kita mulai dari nol lagi. Kita perlu memahami kecepatan dan level duo Ducati yang saya pikir mereka bisa kompetitif di sini karena trek cepat. Juga kecepatan Honda dengan Marc (Marquez) dan Dani (Pedrosa),” prediksi Rossi.Rezki 

BACA JUGA

MotoGP brno 2016 Jelang FP1: Marquez, Brno Lebih Baik Dari Austria, Bahu Belum 100% Pulih

MotoGP Brno 2016 Jelang: Lorenzo Lagi Senang-Senangnya Tuh, Ceko Adalah Gayanya

MotoGP Brno 2016 Jelang : Iannone Bawa Kepala Kru Ducati ke Suzuki, Lorenzo Dapat Mantan Stoner

MotoGP Brno 2016 Jelang : Rossi Ingin M1 Lebih Cepat dari Austria

BAGIKAN