nhk

MotoGP brno 2016 Jelang Race: Dua Kekhawatiran Gelayuti Pikiran Rossi

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sedikit kesal campur kecewa dengan hasil kualifikasi MotoGP Rep. Ceko, kemarin (20/8). Ia harus start dari baris kedua di Automotodrom Brno. Padahal, pembalap 37 tahun ini yakin bisa berada di grid depan, apalagi didukung performa Yamaha M1 cukup bagus. Hanya, ada dua kekhawatiran yang menggelayuti pikirannya saat berlomba di seri 11, hari ini (21/8).

Sesi kualifikasi telah membuat The Doctor frustrasi lantaran lalulintas di trek Brno padat. Kondisinya oleh Rossi digambarkan seperti di pusat kota Roma. Kalo yang belum pernah pergi ke Roma, ya bayangkan sendiri lah. Pokoknya, ngak bisa bebas ngegas, sehingga VR putus asa. Malah saat kencang-kencang di sesi terakhir disalib musuh besarnya, Marc Marquez yang akhirnya pole position.

Rossi yang mempunyai waktu terbaik 1:55.509 mencoba mempertajam di masa injury time. Namun, upayanya terganggu oleh Espargaro (Pol). Itu terjadi saat pembalap Yamaha itu masuk lintasan untuk kedua kali (terakhir). “Ini memalukan karena tidak mendapatkan lintasan yang bersih. Saya punya potensi untuk berada di barisan depan dengan waktu ideal saya 55,5 detik berada di urutan ketiga,” jelas Rossi. Saat itu, dirinya baru ke luar pertama menggunakan ban keras di depan dan belakang soft.

Jelang akhir, ia masuk pit ganti ban lembut. Tak disangka, semua pembalap berada di trek dan dirinya terjebak keramaian. “Semua orang membuka gas, saling menunggu (ingin menguntit) dan ngerem. Itu bencana besar. Celakanya, saya harus bertarung sama Espargaro dan Marquez. Udah seperti kayak balapan. Ketika coba melambatkan kecepatan agar bisa cepat ke luar tikungan, tiba-tiba datang Marquez. Hampir senggolan dan beruntung Rossi cepat mengangkat bahu.  Saya tidak dapat memperbaiki waktu,” sesal VR.

Saat balapan nanti, yang dikhawatirkan Rossi soal kondisi cuaca. Apakah kering atau basah, tapi akan sangat penting mengenai suhu. Ternyata, kondisinya lebih dingin dari kualifikasi, itu akan sulit dengan ban depan. Diakuinya, ia masih ragu-ragu dengan pilihan ban tersebut. Tepatnya, masih akan melihat cuaca jelang lomba untuk menentukan ban yang digunakan agar senyawa sepanjang balapan.

Ditanya peluangnya balapan sore ini, Rossi menjawab ini, masih mungkin untuk memperjuangkan podium dari baris kedua, karena dia percaya M1-nya konsisten kok dalam kecepatan lomba. Kebetulan motor tidak begitu buruk. Rezki 

BACA JUGA

MotoGP Brno 2016 Q2: Marquez Pole Position, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke Posisi Biasa

MotoGP Brno 2016 FP3: Lorenzo Pecahin Rekor, Iannone Ke-2, Marquez 3, Rossi 5

MotoGP Brno 2016 Jelang FP1: Rossi Bilang Di Brno Balap Dari Nol Lagi

MotoGP Brno 2016 Jelang : Rossi Ingin M1 Lebih Cepat dari Austria

BAGIKAN