nhk

MotoGP Brno 2016 Jelang Race : Marquez Perhittungkan Rossi dan Iannone, Ingat T-13!

ManiakMotor – Marc Marquez menorehkan rekor baru trek Brno 1:54.596 detik yang diukir saat sesi kualifikasi MotoGP Ceko, kemarin (20/8). Dengan hasil itu, pembalap Spanyol tersebut berhak menempati posisi start terdepan yang direbutnya dengan cara dramatis. Pokoknya, udah kayak balapan saja dah. Kualifikasinya saling overtake.

Jelang akhir kualifikasi, MM menempel di belakang Rossi yang juga menunggu celah dari Pol Espargaro. Pas di chicane terakhir, Rossi yang memainkan taktik “slow in fast out” dengan harapan melesat cepat ke luar tikungan, dimanfaatkan MM yang sudah slipstream di belakang Rossi. Marquez pun lantas masuk ke sudut dalam dan meluncur paling awal ke luar tikungan.

Waktunya pun fantastis dapat mempertajam rekor Lorenzo yang 1:54.791. Itu terjadi karena terbawa angin dari motor Rossi. “Saya senang dengan pole position, tapi mungkin lebih bahagia saat FP4. Sekarang saya siap untuk bersaing,” tegas pemimpin klasemen sementara dengnan 181 angka.

Karena, jujur, lanjutnya sebelum kualifikasi dia katakan bisa berada di baris depan saja merupakan hasil yang baik. Karena, lap tercepat Lorenzo pagi 1:54.791 sangat luar biasa dan saya tidak yakin bisa melawannya. Lantas, kenapa Marquez lebih senang dengan FP4? Pasalnya, sepanjang akhir pekan ini dirinya banyak menggunakan ban bekas.

Ban bekas itu ada tujuannya untuk mendeteksi perilaku motor saat lomba. Sebab ban baru ketika lomba akhirnya jadi bekas juga. Kemudian, di FP4 ia dan timnya mengnubah setelan. Hasilnya, “Saya bisa naik di pertengahan 56 detik. Jelas ini langkah yang baik, mirip dengan pace Lorenzo untuk balapan,” paparnya.

MM berharap saat balapan sore nanti kondisinya kering. Ia menilai, saat ini Rossi dan Iannone punya kecepatan lebih baik dari dirinya. “Saya pikir akan ada sekitar empat atau lima pembalap bersaing di depan. Selain dua Yamaha dan Iannone, Vinales (Maverick dari Suzuki) tidak bisa diremehkan. Dia mengendarai dengan baik,” nilai Marquez yang targetnya saat start harus bagus karena dirinya merasa banyak kehilangan di akselerasi.

Lebih penting lagi, ia harus hati-hati menaklukkan tikungnan ke-13 (T13) yang tampak akrab mencelakainya. Selain hampir terguling di FP2, ia juga hampir menyenggol Espargaro di kualifikasi di T13. Rezki

BACA JUGA

MotoGP Brno 2016 Q2: Marquez Pole Position, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke Posisi Biasa

MotoGP brno 2016 Jelang FP3 :Marquez Tak Ingin Kejadian T13 Terulang Saat Balapan

MotoGP Brno 2016 Jelang FP3 : Rossi Bilang, Marquez Tercepat Bukan Kekuatan Honda Sesungguhnya

MotoGP Brno 2016 FP2: Marquez Tercepat, Iannone Ke-2, Rossi Ke-5

BAGIKAN