nhk

MotoGP Brno 2016: Lorenzo Jeblok Karena Kepala Kru Salah Mengerti

ManiakMotor – Penggantian pemasok ban tunggal dari Bridgestone ke Michelin tidak memuluskan perjuangan Jorge Lorenzo meraih juara dunia untuk keempat kali. Terutama, jika balapan disertai guyuran hujan. Seperti di MotoGP Ceko di trek Brno, kemarin (21/8), calon pembalap Ducati musim depan itu terseok di posisi paling buncit (17). Vonis tepat buat pembalap Spanyol itu adalah “keok” kalau berlaga di saat basah. Dia sudah tiga kali begitu bro.

Ibarat seorang terdakwa di persidangan, untuk meringankan kasus harus ada saksi. Nah, saat balapan seri 11 ini saksi yang menguatkan Lorenzo tak berkutik di air adalah rekan setimnya sendiri, Valentino Rossi. Yamaha M1 mereka sama-sama pakai ban  lunak depan dan keras belakang tipe basah.

Tapi hasilnya beda, Rossi finish kedua, sedang Lorenzo ke-17 dan tertinggal satu lap pula. “Kalau Rossi kurang beruntung di Mugello, saya sangat kurang beruntung hari ini (Brno),” tegas Lorenzo. Merujuk hasil di Brno jelas ada perlakukan yang beda, baik terhadap motor maupun ban dari pembalapnya. Ketika posisinya terpuruk di urutan 13 di lap 2 dan terus merosot, ia mengarahkan motor ke pit.

“Saya bukan meminta untuk ganti slick (ban kering), tapi ban depan karetnya pada copot,” keluh Lorenzo. Tampaknya Ramon (Forcada, kepala kru), lanjutnya tidak mengerti mengapa saya ganti motor. Akibatnya, trek terlalu basah hanya sanggup jalan dua lap, ia kembali memasukkan motor ke pit. “Risiko besar bila dipaksakan terus jalan,” sebutnya.

Tanpa mendapat poin di Brno, posisi kedua sementara klasemen milik Lorenzo telah digeser oleh rekannya sendiri. Dengan 138 angka, Lorenzo tertinggal 6 angka atas Rossi dan kian jauh sama Marquez 57 angka. Rezki 

BACA JUGA

MotoGP Brno 2016: Cal Crutchlow Brilian, Kemenangan Pertama Buat Inggris Setelah 35 Tahun 

MotoGP Brno 2016: Rossi Sempat Diskusi Sama Michelin, Hanya Tidak Seberani Cal Crutchlow

MotoGP Brno 2016 Race: Cal Juara, Rossi Kedua Dengan Strategi Ban, 3 Marquez

Moto2 Brno 2016 Race : Calon Rookie MotoGP Finish 1-2-3, Zarco Keok

 

 

BAGIKAN