nhk

MotoGP Brno 2016: Rossi Sempat Diskusi Sama Michelin, Hanya Tidak Seberani Cal Crutchlow

ManiakMotor – Meski sudah berumur dan paling tua (37 thaun), Rossi masih bertaji. Pujian itu tidak berlebihan dan sudah dibuktikan di MotoGP Ceko di Automotodrom Brno, kemarin (21/8). Di bawah cuaca kurang mendukung, The Doctor tampil luar biasa cemerlang selama 21 lap. Start dari urutan ke-2 langsung melorot ke-12 dan finish ke-2 dengan semua pesaing masih lengkap. Apa tidak hebat!

Usai kualifikasi, Rossi yang kini menduduki peringkat kedua sementara dengan 144 angka dan menggeser Lorenzo, sangat khawatir dengan kondisi cuaca. Ternyata, ketakutannya jadi kenyataan. Trek Brno sepanjang 5,4 km diselimuti air akibat curah hujan cukup deras.

Menghadapi kondisi seperti ini, Rossi mengaku sempat berdiskusi dengan timnya soal strategi ban. “Apa yang mesti kita lakukan. Apa kita pasang kompon keras?” tanya Rossi. Bahkan ia sempat juga berdiskusi dengan Pascal dari Michelin, selain di pit juga di garis start. Sebagai pembalap paling pengalaman, Rossi saat itu sedikit bingung.

Umumnya, hampir semua pembalap memakai ban kompon lunak depan dan belakang. Sementara Yamaha (Rossi dan Lorenzo) roda depan kompon lunak dan belakang keras. Jadi maah tulisan cepat kemarin yang kejar-kejaran dengan lomba yang disebut depan keras.

Karena kurang yakin, ketika ke luar dari garasi, Rossi dan Lorenzo tidak langsung datang ke garis start. Mereka kembali masuk pit ingin mengnitari trek untuk memanaskan ban. “Sebenarnya, saya sudah tidak punya feeling dengan ban kompon lunak. Hanya, aku tidak cukup berani seperti Cal (Crutchlow) yang pakai depan-belakang hard basah,” ujar Rossi. Tapi, dengan roda belakang keras sebagai keputusannya dan tim, cukup merasa lega.

Ketika sudah dua kali mengitari trek – meski tidak full – jelang start, Rossi sudah ragu dengan kondisi ban depan. Akhirnya, ia pun tampil dengan formasi lembut depan dan keras belakang. “Lap pertama adalah mimpi buruk. Saya sudah putus asa dan berkata, ssaya melakukan kesalahan seperti waktu yang lain. Semua pembalap menyalip saya dari luar dan dari dalam, termasuk Cal. Itu sulit,” kenangnya.

Sambil lomba Rossi pun memprediksi, kondisi lintasan akan berubah kering. Ia pun mencoba tampil sebaik mungkin tanpa emosi. Nah, usai melahap lap 10, keputusan pakai ban keras belakang mulai menuai hasil. Satu per satu lawan dilibas dan termasuk Marc Marquez. Sayang, saat sudah urutan kedua, jaraknya dengnan Cal sudah terlalu jauh. “Dapat 20 poin ini penting untuk kejuaraan, terutama sama Lorenzo. Sekarang saya menduduki peringkat kedua,” ttutup Rossi dengan senyum khasnya. Rezki 

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP brno 2016 Jelang Race: Dua Kekhawatiran Gelayuti Pikiran Rossi

MotoGP Brno 2016 Warm Up : Suhu Udara Rendah, Pembalap Jajal Ban, Scott Redding Tercepat

MotoGP Brno 2016 Jelang Race : Marquez Perhittungkan Rossi dan Iannone, Ingat T-13!

MotoGP Brno 2016 Q2: Marquez Pole Position, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke Posisi Biasa

BAGIKAN