nhk

MotoGP Brno 2018 Belum Membayar Uang Muka Ke Dorna, Bisa Batal..!

ManiakMotor – MotoGP 2018 di sirkuit Brno, Ceko masih ada tunggakan. Dibilang gawat sih, iya! Partner Dorna alias promotor lokal yang dipegang Spolek Pro GP CR belum memberi uang jaminan 2 juta Euro (Rp 34 milyar) kepada Dorna yang punya hak paten MotoGP.

Dana tersebut 50 persen dari biaya penyelenggaraan. Sisa-ya akan disusulkan usai balapan, “Kepercayaan dari Dorna itu sangat penting. Tapi sekarang???” kata Walikota Brno, Petr Vokral yang juga punya kepentingan dalam pembiayaan.

Sebenarnya, tiga tahun lalu, masalah serupa pernah terjadi di Brno. Saat itu, sirkuit dikelola langsung oleh Pak Abrahan Sr. Dia ini ortunya dari joki MotoGP, Karel Abraham.

Karena itu, pengelolaan sirkuit diambil alih Spolek Pro GP CR sejak 2016 dengan biaya 1,120 juta Euro atau sekitar Rp 18 milyar. Jadi bukan lagi dikelola Abraham Sr atau Brno Automotodrom. Mereka hanya terima biaya penyewaan.

Spolek Pro GP CR sendiri terdiri dari konsorsium Walikota Brno, Petr Vokral dan Gubernur Moravia Selatan, Bohumil Simek serta Dewan Turis Brno. Kabarnya, Spolek Pro GP CR belum terima dana dari pemerintahan tersebut. Malah kabarnya dana yang  tadinya 2.8 juta Euro jadinya 1,560 juta Euro.

Waduh… kurang tuh. Tapi biasanya, hal-hal begini akan ditangangi Dorna. Maklum mereka sudah kerjasama di depan dengan sponsor dan jaringan televisi. Kalau diundur, Dorna yang rugi! MM

BAGIKAN