nhk

MotoGP Catalunya 2013 (Jelang): Ada Potensi Ledakan di Kubu Honda

ManiakMotor – Bukan tak mungkin friksi antara Dani Pedrosa dengan Marc Marquez meledak di sini. Ya di sirkuit Catalunya, Spanyol, tempat ronde 6 MotoGP 2016, 16 Juni ini.

Tidak nyamannya edrosa mulai terasa di GP Mugello lalu, saat dikecundangi Marquez meski akhirnya tetap jadi runner-up akibat si Marquez jatuh. Tersirat bukan lewat surat, tapi dari komentar miring Pedrosa. Ia sebut kubu Marquez mencontek set-up RC213V miliknya. Katanya lagi, itu yang membuat pacuan Marquez kencang saat race.

Untuk apa Pedrosa mengumbar hal itu kepada publik? Layak diduga, itu karena kesal. Jika  itu dibawa ke Catalunya pekan ini, sangat terbuka perang sesama pembalap Spanyol, beda provinsi dan kampung di negara keduanya itu. Atmosfer balapan Catalunya bisa sarat emosi. Karena di depan family, teman-teman sekampung, penonton dan tokoh-tokoh nasional Spanyol (bisa jadi juga hadirnya pihak kerajaan dan petinggi pemerintahan).

So Pedrosa asli Barcelona dan Marquez dari provinsi tetangga ingin membuktikan diri sebagai pembalap Repsol Honda paling top saat ini. Pedrosa selaku senior tak bakal sudi dipepet-pepet dan disalip lagi oleh Marquez yang seorang pendatang baru. Sebaliknya, inilah kesempatan emas Marquez untuk memantapkan posisinya di mata komunitas balap Spanyol sekaligus sebagai idola masa depan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Marquez megirimkan sinyal demikian setelah kesal dengan hasil Mugello. Ia langsung patok Catalunya  sebagai ajang balas dendam. “Sangat tak sabar main di Catalunya. Kondisi fisik tengah menuju 100%. Rival jelas punya pengalaman lebih di trek ini dan akan sulit dikalahkan. Tapi, saya tak peduli. Saya akan terus berjuang dengan cara dan program saya,” tantang Marquez lewat rilis yang juga diterima maniakmotor.com.

Marquez yang rumah ortunya hanya sejam naik mobil dari Catalunya bilang hasil balapan kali ini akan sangat penting. Tak hanya untuk mendulang kembali poinnya di klasemen, tapi juga kebahagiaan tersendiri setiap kali berprestasi di Catalunya. Sama seperti rider Catalan lain macam Pedrosa dan Lorenzo, sukses di Catalunya akan disikapi sangat emosional.

Hal sama diapungkan Pedrosa yang baru sekali memenangi MotoGP Catalunya (2008). Apalagi, balapan pada Minggu (16/6) ini akan jadi balapan ke-200 Pedrosa di kejuaraan dunia. Wajarlah ia membidik kemenangan kali kedua di Catalunya sekaligus kado perayaan penampilan ke-200-nya.

“Yang saya khawatirkan hanyalah kinerja ban, terutama tingkat degradasinya sepanjang balapan. Kami harus fokus soal ban ini, terlebih banyak tikungan yang belok kanan dalam jangka waktu yang panjang,” tutur Pedrosa yang memang kidal dan acap terkendala saat berbanyak-banyak nikung kanan, apalagi panjang.macam R1 ke R4 dan R11 sampai R13 di Sirkuit Barcelona.

Jika ia dapatkan set mumpuni untuk ban itu, Pedrosa bisalah berharap untuk raih kemenangan lagi. “Secara keseluruhan, ini trek sangat meyenangkan. Atmosfernya luar biasa, di tengah tatapan keluarga, teman, dan begitu banyak fans dalam negeri. Semoga cuaca nanti mendukung agar penonton puas dalam penampilan GP-ku yang ke-200,” kata Pedrosa.

Yoi coy, semoga saja! Agar duel sengit lawan Lorenzo musim lalu bisa kembali tersaji. Dan, pastiya bakal tambah semarak jika Marquez ikut di dalamnya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Sirkuit Catalunya Tempat Duel Sengit Rossi – Lorenzo 2009, Mungkinkah Terulang?

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol; Pedrosa Tak Mau Prediksi, Penonton Mendukungnya

MotoGP 2013; Rossi Latihan Fisik Terus Dengan Motocross, Persiapan Catalunya Spanyol

MotoGP Catalunya (Jelang): Gagal di 2013, Rossi – Crutchlow Bisa Setim di 2014

 

BAGIKAN