nhk

MotoGP Catalunya 2013: Tanda Tanya Buat Duo Honda RC213V

ManiakMotor – Ada empat unit RC213V yang akan menggelinding di ronde enam MotoGP di Catalunya, pekan ini. Dua milik tim satelit dan dua lainnya milik tim pabrikan. So pasti punya pabrikan lebih ampuh.

Tapi, menarik menunggu ujian macam mana yang menanti RC213V yang dipacu Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Ini trek disebut-sebut kurang ideal buat karakter RC-V dan lebih cocok dengan M1-nya Yamaha. Tradisi kemenangan dalam beberapa musim terakhir pun bilang begitu. Pedrosa, misalnya, baru mengecap satu kemenangan di Catalunya dalam 7 penampilan MotoGP. Sukses tunggal di musim 2008 itu pun bisa disebut kurang afdol karena kala itu balapan tak diikuti Jorge Lorenzo (Yamaha) sang pesaing beratnya. Lorenzo gagal ikut QTT dan balapan karena kecelakaan di FP3.  

Bandingka dengan Lorenzo yang raih 2 juara dan 2 runner-up dalam 4 kali jadi starter di MotoGP Catalunya. Tambah pula Valentino Rossi yang empat kemenangan buat Yamaha, maka aslilah sudah anggap trek cepat itu memang cocoknya dengan YZR-M1.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Macam mana dengan Marquez yang baru kali ini jajal Catalunya dari atas pacuan MotoGP? Sulit diprediksi karena sekadar tes saja pun ia belum coba 213 di sana. Tapi, kalau melongok ke masa silamnya di kelas nyamuk dan capung, sepertinya Catalunya belum menjadi sirkuit yang selaras dengan skill dan keberuntungan Marquez. Ia haya sekalii juara dari 3 penampilan di kelas 125 cc dan gagal jadi juara dalam dua penampilan lainnya di Moto2.

Meski Pedrosa dan Marquez bilang optimis dan percaya diri ke medan perang sesama Spanyol itu, sepertinya masih tersimpan tanda tanya. Ya seberapa besar peluang keduanya mengalahkan Lorenzo. Khususnya Pedrosa. Tujuh kali start dengan hanya satu kemenangan mempertegas anggapan karakter Catalunya yang menghamparkan lebih banyak tikungan kanan dan cepat, memang tak ideal untuk pembalap kidal macam Pedrosa.

Ia sendiri akui kesulitan jika bayak menikung panjang ke kanan dan berlangsung lama. Ialnya, karakter tikungan macam itu terbilang dominan di Catalunya terutama dari R1 ke R4 dan R11 sampai R13. Dari tahun ke tahun, itu jadi tantangan khusus Pedrosa untuk ditaklukkan. Ia selalu kalah cepat dengan Yamaha di sektor itu. “Kuncinya pada roda belakang, ini masalah paling krusial. Saya harus dapat feeling yang bagus untuk ban belakang dan itulah pekerjaan utama sepanjang sesi latihan,” ujar Pedrosa.

Betul brader! Sebagai sirkuit yang terkenal salah satu tercepat dan paling jahat pada ban, Catalunya memang membutuhkan spesifikasi ban belakang yang berbeda dari trek lainnya, apalagi suhu cuaca panas pun senantiasa menyertai balapan di sini. Bridgestone sebagai suplair tunggal memang sudah siapkan spek khusus yang sisi kanannya lebih tebal dua kali lipat dari sebelah kiri. Itu cara mengakali 8 tikungan kanan yang cepat dan hanya 5 ke kiri. Mereka sadar Catalunya adalah sirkuit yang paling menyiksa kinerja ban, karena suhu lintasan dan karakternya.

Masalahnya, siapa yang paling mumpuni dalam menyusun setingan komplitnya? Yang pasti, di Mugello lalu Lorenzo tak lagi meributkan kualitas ban belakang sebagaimana ia masalahkan di Jerez dan LeMans. Apakah itu berarti tak akan ada masalah ban juga di Catalunya? Yuk dinanti. Andro

Berita Terkait

MotoGP 213 Analisa Gigi Rendah & Sasis Yamaha M1, Rossi Harus Pakai Di Catalunya

MotoGP 2013 Catalunya: Ogah Ikut Seremonial, Lorenzo Bidik Menang Lagi

MotoGP & Moto2 2013 Catalunya: Geliat Inggris di Tanah Matador

MotoGP 2013: Valentino Rossi Mengundurkan Diri, Crutchlow Naik Pangkat?

 

BAGIKAN