nhk

MotoGP Catalunya 2016: Janji Iannone Mengalahkan Rossi Dan Lorenzo, Wah..?

ManiakMotor – Jorge Lorenzo dan Marc Marquez unggulan utama masuk GP Catalunya akhir pekan ini. Jika race berlangsung normal, Valentino Rossi juga ancaman. Pokoknya ketiganya  sepertinya sulit dilumpuhkan. Marc dan Jorge sebagai tuan rumah, mental atau melawan diri sendiri lebih siap di kandangnya. Sedangkan Rossi mengandalkan mental data dan kondisi M1 terkini.

Tapi, Rossi pun akui sulit mengalahkan MM dan JL di trek cepat Montmelo yang dibumbui sejumlah tikungan  hard braking. Buktinya,sejak kembali ke pangkuan Yamaha pada 2013, tak sekalipun TheDoctor juara di sana. Hanya sampai runner up di musim 2014 dan 2015.

Kalau VR merendah, tak begitu dengan Italiano lainnya, Andrea Iannone. Punggawa Ducati itu berkoar siap fight ke podium. Pada 2012, doski memang juara di kancah Moto2. Tapi, kala main di MotoGP sejak 2013, prestasi tertingginya hanyalah urutan ke-4 musim 2015. Itu tergolong hebat karena ia start dari urutan 12.

Ambisiuskah si Iannone? Bisa jadi tak sepenuhnya benar. Peluang ke podium sangat terbuka seperti ditunjukkannya di Mugello lalu. “Tahun-tahun lalu Ducati memang kesulitan di Catalunya, tapi tahun ini akan sangat berbeda. Motor kami sangat kompetitif pada trek macam Montmello,” sebut Iannone, merujuk perubahan elektronik dan ban sebagai titik kelebihannya kali ini.

Trek lurus, pengereman keras, dan cuaca Catalunya yang biasanya panas, menurutnya sangat menguntungkan Ducati secara teknis. Terlebih lagi karakter sirkuit macam begituan sesuai dengan gaya balapnya. “Saya ingin menjaga momentum positif dari Mugello ke Montmello, dan sangat yakin mampu,” tandasnya.

Begitu kata Iannone, pembalap yang acap terlampau ngotot di lintasan dan acap pula sifat itu yang membuatnya kelontang. Yang menarik, anggapannya bahwa Ducati ngepas dengan karakter trek Montmello ternyata beda dengan komentar Andrea Dovisiozo. Seniornya itu malah bilang kinerja Desmosedici masih penuh misteri di Catalunya. Terutama soal ban Michelin, ia tak seyakin Iannone bahwa karet bundar dari pabrikan Prancis itu memang cocok dengan Ducati.

Nah lho, mana yang benar? Andro

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Lorenzo, Honda Lebih Pelan Dari Yamaha

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Rossi Vs Gibernau, Lorenzo Dan Marquez, Sekarang??

MotoGP 2016: Terbakarnya Mesin M1 Rossi, Point Di Catalunya Sangat Mahal

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

MotoGP 2016; Michele Pirro Pemain Cadangan Produktif, Di Catalunya Gantikan Loris Baz

BAGIKAN