nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP1: Tutup Mata Pun Lorenzo Hapal Sirkuit

ManiakMotor – Andai tutup mata pun, Jorge Lorenzo masih hapal lika-liku membalap di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Maklumlah, Lorenzo pernah tinggal lama di seputaran sirkuit. Sejak kecil pun, sirkuit tersebut menjadi home base-nya untuk latihan. Jadinya dia percaya diri alias punya mental baik untuk melawan diri sendiri.

Itu tadi, modal penguasaan sirkuit. Modal tampil di depan keluarga besar, teman dan para fans di Barcelona. Karena  hapal, jadi modal pula menyusun set-up motornya. “Balapan di negara sendiri, apalagi di kampung sendiri, selalu istimewa bagi siapa saja, termasuk saya. Juga Catalunya, trek yang saya suka. Saya lama tinggal di seputaran sini, penggemar pasti akan berkumpul,” kata Lorenzo yang sudah empat kali juara di Catalunya, termasuk tahun lalu dan sudah tiga kali menang dari enam seri lalu tahun ini.

Lorenzo memang layak suka pada Catalunya. Tipe sirkuit yang dihiasi tikungan-tikungan cepat menjadi satu kesatuan dengan bodi, rangka dan mesin M1. Juga menjadi sirkuit sesuai gaya Lorenzo membalap yang selalu melengkung. Walau ada beberapa sudut yang butuh pengereman keras, tapi masih dalam toleransi kesukaan Lorenzo.    

Di lain sisi, Lorenzo masih menikmati kemenangan terakhir di Mugello. Dia menang di sana, point pun lumayan melebar, 10 angka dari Marc Marquez (Honda). Angka yang katanya lumayan untuk percaya dirinya di Catalunya. “Mudah-mudahan di Montmelo bisa menambahkan poin lagi. Caranya untuk bertarung demi kemenangan,” kata Lorenzo dalam jumpa pers wajib di Barcelona pada Kamis 2 Juni 2016.

Seperti biasa macam enam seri yang telah berlalu tahun ini,  Lorenzo hanya ada dua penantang. Yakni Marquez dan Valentino Rossi. Kalau penantang di sesi latihan sampai kualifikasi sih, memang banyak. Tapi, kalau lomba yang butuh motor tenang, hanya bertiga itu yang kompetitif. Ito  

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jumpa Pers: Pol Susul Smith ke KTM, Curhat di Depan Rossi Dan Lorenzo

MotoGP Catalunya 2016 Jumpa Pers: Marquez Lanjut di Honda Sampai 2018

MotoGP 2016 Jumpa Pers: Mesin Jebol, Rossi Bilang Gara-Gara Onderdil Elektronik Murahan

MotoGP 2016: Yamaha Jelaskan Mesin M1 Meletus, Akibat Over Limit Rpm, Dijamin Catalunya Aman

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Marquez Sindir Lorenzo Selingkuh

BAGIKAN