nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Lorenzo Terpengaruh Kematian Salom, Susun Ulang Set-Up M1

ManiakMotor – Tak salah kalau dibilang tutup mata saja Jorge Lorenzo masih hapal sudut-sudut tikungan Montmelo. Itu saking akrabnya dengan trek penyelenggara GP Catalunya itu. Hasilnya diperlihatkan JL dalam dua sesi awal Jumat (3/6). Tapi jadi pertanyaan pada sesi Sabtu (4/6) ini yang lay-out sirkuitnya berubah dari 13 tikungan jadi 16 tikungan. Berubah jadi lambat.

Meski kalah kencang 0,078 detik dari anak ‘kemaren sore’ Maverick Vinales di FP1, sama sekali tak mengurangi fakta dominasi Lorenzo. Di FP2 tampil tercepat. Tapi sekarang beda lagi ceritanya, motor harus susun ulang settingan motornya. “Awal yang menyenangkan. Sejak lap pertama sudah cepat dibandingkan pesaing. Pakai ban baru pun oke, tak ada masalah meski suhu lintasan makin panas di FP2,” katanya belum sebut-sebut perubahan lay out Catalunya untuk tampil di FP3 dan seterusnya. Maklum rilis keluar sebelum ada perubahan lay-out Catalunya pasca kecelakaan Luis Salom.

Yang menakjubkan adalah proses mencapai predikat tercepat itu. Bisa dibilang tak ada masalah krusial pada M1 maupun karakter ban Michelin untuk trek Montmelo. Ia sudah punya setingan pakem yang hanya butuh pengembangan minor. Bandingkan dengan dua pesaing dekatnya, Valentino Rossi dan Marc Marquez,  yang masih punya PR besar pada sesi lanjutan hari ini. PR makin bertambah dengan perubahan desain Catalunya.

Seperti Rossi sesama penunggang M1, Lorenzo juga mencoba semua jenis ban yang dialokasikan berikut kombinasi depan dan belakang. “Dan, tetap saja lebih kencang,” imbuh Lorenzo yang sudah empat kali menang di sirkuit Catalunya.

Dengan kecepatan yang dimiliki memang layaklah JL difavoritkan sebelum sirkuit berubah. Apakah ngaruh pada sesi selanjutnya sampai sesi Q2, tunggu saja. Ingat, Lorenzo sudah pasti terbayang oleh kematian Luis Salom bersama perubahan sirkuit. Pasalnya, Mas JL ini termasuk salah satu pembalap yang ‘bawel’ dan vokal bicara soal aspek keselamatan pembalap.

Bahkan bisa marah kalau membahas isu itu, terlebih lagi kini terjadi di negeri sendiri dan merenggut nyawa sesama rider Spanyol. Untuk pastinya, ditunggu saja komentar Lorenzo selanjutnya! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Salom Tewas, Tikungan Diubah Jadi Karakter Lambat, Yamaha Dirugikan?

MotoGP Catalunya 2016: RIP Luis Salom, 1991-2016, Hajar Pembatas, Kontruksi Salah

MotoGP Catalunya 2016 FP2: Lorenzo Tercepat, Rossi Ke-6, Marquez Ke-9

BAGIKAN