nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Salom Tewas, Tikungan Diubah Jadi Karakter Lambat, Yamaha Dirugikan?

 

 

ManiakMotor – Tragedi Luis Salom di FP2 Moto2 membawa konsekuensi pada sesi lanjutan pada Sabtu (4/6) maupun raceday Minggu (5/6). Setiap sesi ditambah 10 meniy waktunya untuk belajar ulang dari lay out sirkuit berkarakter cepat direvisi menjadi lebih lambat. Terutama menuju R12 yang menjadi lokasi kecelakaan Salom. Yang penting laju motor jangan menuju tembok tersebut. Sebab temboknya terlalu dekat lintasan, padahal kecepatan menikungnya sangat tinggi. 

Seperti diketahui, trek Catalunya juga dipakai balapan F1 dengan desain lintasan yang berbeda. Jadi dengan mudah panitia MotoGP mengubah desainnya. Dan  itulah  yang akan digunakan pada sesi-sesi berikutnya. Tentu saja mengubah set-up motor yang mulai tersusun dari FP1 dan FP2. Perhatikan tipikal trek dari R10 menuju R12. Sudut tikungan di R10 dan 11 ditekuk menjadi lebih lambat dan dengan sendirinya laju motor di area R12 juga jadi lebih pelan dari sebelumnya.

Sebelum kejadian, R10 bisa dilibas motor MotoGP dengan kecepatan 100 km/jam dengan gigi 2 setelah meluncur di trek lurus dari R9 dengan speed 260 km/jam. Dengan tekukan itu, semua rider juga wajib menurunkan kecepatan secara drastis jelang R10 sampai R16. Karena di area itu sudah bertambah 3 tikungan, jadinya jumlah tikungan tadinya 13 untuk MotoGP sudah jadi 16 seperti dipakai F1.   

Bisa jadi perubahan itu mengurangi serunya balapan karena  area itu juga menjadi salah satu spot menyalip yang mengasyikkan. Tapi, demi keamanan, itulah yang diputuskan penyelenggara setelah melakukan pertemuan dengan keluarga Salom, Safety Comission, dan para pembalap yang ikut rapat seperti Marc Marquez, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso dan lain-lainnya.

Wajah Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak tampak dalam pertemuan itu dan juga nggak disebut nama keduanya. Bisa dimaklumi, dengan diubahnya lay-out, karakter Catalunya bukan menjadi cepat lagi, tapi jadi lambat. Selain terbentuknya chicane juga bertambahnya tiga tikungan. Padahal di sektor tersebut M1 ambil keuntungan dengan karakter cepatnya. Wah tapi gimana, demi safety.  Andro

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016: RIP Luis Salom, 1991-2016, Hajar Pembatas, Kontruksi Salah

MotoGP Catalunya 2016 FP2: Lorenzo Tercepat, Rossi Ke-6, Marquez Ke-9

MotoGP Catalunya 2016 FP1: Vinales Tercepat, Lorenzo Ke-2, Ke-3 Rossi

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP1: Tutup Mata Pun Lorenzo Hapal Sirkuit

 

BAGIKAN