nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Lorenzo, Honda Lebih Pelan Dari Yamaha

 

ManiakMotor – Benaran, itu dikatakan Jorge Lorenzo yang masih membalap untuk Yamaha tahun ini. Dua sampai tiga tahun lalu, Lorenzo nggak berpikiran bisa lebih cepat dari Honda. “Saat itu mereka 4 atau 5 km/jam lebih cepat dari kami. Tahun ini mereka (Honda) kehilangan kecepatan itu, karena perubahan aturan pada mesin,” kata Lorenzo.

Soal itu sih sudah diakui para petinggi HRC dari bidang teknik mesin. Juga bisa dianalisa antara Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Motor Pedrosa ditenggarai sama saja mengalami krisis akselerasi, sehingga tak berkutik sampai seri 6 lalu. Bedanya, Marquez bisa membawa motor di atas rata-rata. Maksudnya, Marquez lebih cepat dari motornya itu sendiri.

Terdekat bisa dilihat di Mugello, ketika Marquez sudah memeras skill-nya dan berhasil menekuk Lorenzo. Tapi karena kalah akselerasi sejak membuka throttle keluar dari tikungan terakhir Mugello, M1 Lorenzo lebih duluan masuk finish. Bukan tak mungkin juga akan menganggu penampilan Honda di Catalunya dalam rangka ronde 7 MotoGP 2016. Ingat ya, sesi latihannya sudah mulai Jumat 3 Juni 2016.

Honda juga jujur, mereka membuat cetakan baru RC213V sesuai regulasi tahun ini. Motor benar-benar baru yang nggak ada lagi hubungan dengan tahun lalu. Namun ada kekurangan pada rancangan crankshaft counter rotating. Teknologi untuk keseimbangan rotasi kruk-as ini dibuat seperti Yamaha dan Ducati. Sayang, aturan tidak memungkinkan untuk mendesain ulang. 

Persoalan muncul lantaran kruk-as dirancang sesuai ECU sekarang yang kurang pintar dibanding sebelumnya. “Kami temukan masalah itu setelah seri sudah dimulai, kami terlambat beraksi. Mesin tidak sesuai harapan. Saat ini ada ruang untuk perbaikan di luar mesin,” sebut drektur teknis HRC Takeo Yokoyama pada motorsport.

Maksudnya Honda tinggal bermain-main dengan elektronik, sasis atau yang berhubungan dengan mesin, yaitu knalpot. “Jika gagal, terutama dengan mesin, harus dibayar untuk satu musim. Sekarang pekerjaan difokuskan pada November, dan kemudian pada bulan Februari, dan Maret 2017,” kata Marquez yang artinya kelemahan sekarang hanya bisa diperbaiki untuk mesin tahun depan.

Berarti yang dikatakan Lorenzo benar. Ito

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Rossi Vs Gibernau, Lorenzo Dan Marquez, Sekarang??

MotoGP 2016: Terbakarnya Mesin M1 Rossi, Point Di Catalunya Sangat Mahal

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

MotoGP 2016; Michele Pirro Pemain Cadangan Produktif, Di Catalunya Gantikan Loris Baz

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Sial Mesin Meletus Dan Point Tertinggal, Fans Rossi Siap Bantu

BAGIKAN