nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

ManiakMotor – Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol  tipikalnya nggak jauh amat dengan Mugello. Walau  sama cepat tetap saja beda. Ya beda bentuk tikungan, beda alamnya, beda kondisi aspalnya, beda jumlah tikungan dan paling beda lebarnya. Lebarnya hanya 12 meter dibanding Mugello yang 14 meter. Putaran mesin tidak setinggi di Mugello yang bikin dua M1 terbakar. Berarti lebih aman buat mesin M1.

Joki Yamaha masih mendominasi di sirkuit ini dengan model cepatnya. Di data, Valentino Rossi sudah menang enam kali dan Jorge Lorenzo 4 kali dari yang aktif pembalap MotoGP sekarang. Tahun lalu keduanya 1-2. Modal, apalagi, tak terlalu banyak menguras putaran atas mesin macam Mugello, khawatir meluduk lagi. “Mugello dan Catalunya punya kemiripan. Beda dengan Jerez atau Le Mans,” kata Marc Marquez yang baru sekali menang di Catalunya pada 2014 dan tahun ini motornya masih bermasalah dengan akselerasi. Kabar terakhir akselerasi tersebut kudu dibenahi dari kruk-as, namun aturan melarangnya.

Keluar tikungan terakhir selongsong gas bisa dibuka abis dengan gigi tinggi menuju trek lurus Mugello. Namun masuk tikungan pertama yang harus lebih lambat. Tikungan pertama itu modelnya chicane atau tikungan berbalasan. Maka top speed di Catalunya nggak setinggi Mugello, walau panjang trek lurusnya hampir sama. “Trek ini termasuk saya sukai dan ingin secepatnya memulihkan poin yang hilang di Mugello,” kata Rossi usai M1-nya berasap-asap bukan mungusir nyamuk di Mugello.

Tipikal Catalunya yang panjangnya 4.7 km dan memiliki 13 tikungan itu, technical circuit atau sirkuit yang jalurnya dijalani dengan taktik balap. Memang, karena nggak mungkin pakai taktik sepak bola, bro. Walau ini sirkuit dekat dengan markas Klub Barca di Barcelona. Miring kiri, miring kanan,  dan lurus ada irama yang teknikal di Catalunya. Kesatuannya seperti macam menari ala balap pada sirkuit yang mengalir, bukan disko sembari geleng-geleng pale.

Yang bikin cepat tikungan di Catalunya karena chamber. Kalau di motocross disebut berm, sangat positif. Chamber itu macam  ‘tong setan’ yang ada landasan motor untuk memanjat dinding tongnya. Kira-kira seperti  itu sirkuit dibangun oleh pemerintah Catalan, Montmelo, Barcelona pada 1989 tersebut. Tapi sirkuit ini baru dipakai MotoGP pada 1995. 

Sebagai acuan pada 2009, Rossi dan Lorenzo pernah duel sengit di sini.  Sedang 2014 walau Marquez juaranya, tapi inisiatif duel datang dari Rossi. Tahun lalu, dua Suzuki juga bikin kagetan saat Q2 berada 1 -2 di front row. Apa pun, di atas kertas masih sirkuit M1, tapi hasil selalu di atas aspal ketika bendera finish dikibarkan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016; Michele Pirro Pemain Cadangan Produktif, Di Catalunya Gantikan Loris Baz

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Sial Mesin Meletus Dan Point Tertinggal, Fans Rossi Siap Bantu

MotoGP 2016: Tes Privat Suzuki Di Valencia, Geometri Rangka Untuk Traksi

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Vinales Yakin Teknik Geber Yamaha, Sama Dengan Suzuki

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: M1 Rossi Jebol (Berasap), Putaran Mesin Lewati Limit, Konsumsi Udara Kotor

 

BAGIKAN