nhk

MotoGP Catalunya 2016 (Jelang Race): Lorenzo Tuding Ada ‘Rapat Gelap’ Perubahan Sirkuit

ManiakMotor – Posisi sih urutan kedua di grid position walau silisih nyaris setengah detik. Bagi  Jorge Lorenzo M1-nya langsung kendur akibat berubahnya sudut-sudut tikungan di GP Catalunya. Termasuk pada lomba nanti menggunakan jalur F1.

Pengkolan-pengkolan dari bahasa Betawi terhadap belokan, dari tipikal speed corner yang tadinya  menu favorit M1, kini berubah jadi low corner yang berbalik jadi santapan RC213V. Walau pun nanti penentunya di lomba. “Banyak tikungan yang sekarang harus dilalui dengan gigi rendah. Itu sangat menyulitkan kami dan sebaliknya menguntungkan lawan,” keluh Lorenzo yang ‘jungkir balik’ menyetel ulang M1-nya.

Ia akui dua sesi FP pada Sabtu (4/6) sepenuhnya digunakan untuk melacak ulang set up motornya. Basis setingan yang sudah disiapkan sejak seri Mugello harus dirombak total. “Pada akhirnya kami bisa dapatkan setingan mumpuni. Berharap  bekal meraih podium saat balapan. Dapat podium saja sudah menjadi hasil yang bagus dalam situasi saat ini,” ucap JL yang tak lagi menggebu-gebu pasang target juara di depan publik sendiri.

Ia sendiri sempat mempermasalahkan keputusan Grand Prix Safety Comission yang diambil hanya berdasarkan rapat dengan 10 dari 21 pembalap MotoGP. Dengan kata lain, ya rapat gelap karena tidak memenuhi quorom ¾ peserta, hehehe. “Saya nggak ngerti kenapa tak melibatkan seluruh pembalap, saya juga nggak ngerti mengapa tak dilibatkan. Padahal saya adalah juara dunia dan pemimpin klasemen sementara. Seharusnya ada komunikasi yang lebih baik soal yang begitu penting,” imbuh Lorenzo mengakui dirinya dan tim terlambat menerima informasi rapat tersebut.

Seperti halnya Valentino Rossi, ia juga keberatan dengan perubahan di R10 namun setuju dengan rivisi R12 karena sejak lama memang sudah jadi sorotan. Tapi, nasi sudah jadi bubur, dan bubur sudah ditelan, makanya omong apapun sudah tak akan mengubah keputusan. JL tahu itu, makanya kini hanya bisa mengimbau agar lain kali keputusan sepenting itu diambil dengan prosedur yang melibatkan seluruh tim dan pembalap.

Pada pertemuan itu memang ada 10 pembalap plus keluarganya Salom. Keputusan diambil di situ untuk menggunakan jalur F1. “Kita tidak pernah didesak atau ada pembalap meminta untuk perubahan sirkuit. Perubahan itu murni meredam potensi kecelakaan,” kata Franco Uncini, FIM Grand Prix Safety Officer. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Catalunya (Jelang Race): Rossi-Lorenzo ‘Hadiahkan’ Front Row Buat Honda

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Rossi Nggak Terima R10 Diubah, Kalau R12 Sudah Lama Diingatkan

MotoGP Catalunya 2016 Q2: Marquez Pole, Lorenzo Ke-2, Pedrosa Ke-3, Rossi 5

BAGIKAN