nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Sindir Lorenzo, Marquez Tolak Disebut Biang Perubahan Sirkuit

ManiakMotor – Jorge Lorenzo mempermasalahkan rapat Safety Commission yang hanya melibatkan 10 dari 21 pembalap. Hasilnya sangat jelas menguntungkan anak-anak Honda. Marc Marquez sebagai pentolan Honda yang hadir dalam rapat pun bereaksi.

“Jika memang peduli pada aspek keselamatan, seharusnya setiap pembalap hadir dong, bukan bicara sesudahnya. Kan sudah menjadi agenda rutin rapat usai sesi Jumat,” sindir Marquez soal ketidakhadiran Lorenzo, apapun alasannya.

MM berdalih rapat tak perlu dihadiri seluruh pembalap. Seperti biasanya, paling hanya 9 atau 10 pembalap yang rajin ikut rapat dan itu pula yang terjadi kali ini. Marquez menegaskan rapat berlangsung di kantor Dorna seperti biasanya, berlangsung pukul 17.30 sampai 18.15 waktu setempat.

Bahwa pertemuan dilanjutkan membahas R12, tak lain untuk lebih memudahkan pembahasan soal safety di wilayah tersebut. Itu pun hanya 15 menit. “Perlu pembahasan di lokasi karena temboknya ada di sini,” tegas MM dengan memasangkan tangannya di depan wajah.

Ia justru berterima kasih karena dimintai saran untuk perubahan trek, seperti halnya saran dari pembalap lain yang hadir. Tapi, ia menolak sebagai figur yang mempengaruhi perubahan, terutama perubahan R10 yang secara teknis menguntungkan motornya dan dikeluhkan Yamaha. “Masalah R10 itu sudah dibahas sejak dua tahun lalu. Semua sepakat dari segi safety memang lebih bagus, tapi dari sisi lay out lebih buruk. Saya pun sependapat  bagian itu bagus untuk balapan. Tapi, sekarang dibahas ulang karena ada pembalap yang tewas. Menurut saya lebih baik diubah sebelum ada korban berikutnya,” jelas Marquez.

Penjelasan yang logis. Tapi, ya logis juga kalau JL berpikir ada apa-apanya. Pasalnya, dari 11 pembalap yang hadir, 4 di antaranya penggeber Honda (MM, JackMiller,Cal Crutchlow, Tito Rabat). Kubu Yamaha hanya diwakili anak satelit Pol Espargaro dan Bradley Smith yang notabene tahun depan bukan milik Yamaha lagi. Menjadi pengkhianatkah Pol dan Smith? Nantikan artikel berikutnya saat mereka menyerang Rossi dan Lorenzo! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016 (Jelang Race): Lorenzo Tuding Ada ‘Rapat Gelap’ Perubahan Sirkuit

MotoGP 2016 Catalunya (Jelang Race): Rossi-Lorenzo ‘Hadiahkan’ Front Row Buat Honda

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Rossi Nggak Terima R10 Diubah, Kalau R12 Sudah Lama Diingatkan

BAGIKAN