nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Rossi Vs Gibernau, Lorenzo Dan Marquez, Sekarang??

ManiakMotor – Selalu ditampilkan duel klasik di sirkuit yang akan disinggahi MotoGP oleh situs olahraga bermotor paling keren sejagat. Kalasiknya saja yang diulas datar, selanjutnya urusan portal sampeyan mengolahnya. Macam di Catalunya, Barcelona Spanyol ada tiga kali sejarah besar di situ dalam waktu yang berbeda. Tahun ini apa yang akan terjadi di sana?

Jangan tanya pada brosist dong. Tapi mari ditinjau bersama pada enam laga yang lalu. Di enam seri itu, hanya terjadi sekali duel singkat. Adanya di Mugello, itu pun di lap terakhir antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Selebihnya setiap sirkuit dikuasai oleh satu pembalap yang kasnya sudah mulai terbaca di sesi latihan sampai kualifikasi.

Sejak masuk seri Eropa masih Yamaha yang unggul. Andai motor Valentino Rossi sehat  sampai finish di Mugello, bisa saja 1 – 2 milik Yamaha. Tiba di Catalunya, mirip-mirip karakter sirkuitnya yang enak buat garputala. Tentu saja pihak Yamaha akan antisipasi durability mesin M1 agar nggak berasap. Lagi pula, walau karakter sirkuit mirip, Catalunya tidak seganas putaran tinggi Mugello. Lebar sirkuit rata-rata lebih sempit 2 meter dari Mugello.

Data menyatakan, 10 kali dari dua pembalap Yamaha yang menang di situ sejak era MotoGP. Dipersempit lagi, kedua pembalap itu masih berlaga dan kandidat kuat di Catalunya tahun ini. Siapa lagi jenenge, kalau bukan Rossi dan Lorenzo. Lawannya di Catalunya ini dan masih status pembalap yang perlu direken, Marquez. Marquez punya persoalan sendiri pada akselerasi motornya. Karena membalap di atas 100 persen saja membuat Marquez masih bisa melakukan perlawanan.  

Kembali ke duel. Sebagai gambaran klasik Catalunya era MotoGP, pada 2004 duelnya antara Sete Gibernau yang mewakili Honda dan Rossi yang tahun itu, baru pindah dari Honda ke Yamaha. Sepanjang balapan keduanya macam prangko, saling tempel, akhirnya Rossi yang menang, membuat pertemanan mereka hambar. Sedang 2009 antara Lorenzo dan Rossi selagi hubungan keduanya tidak  saling bertegur sapa, bahkan garasi dipisahkan. Duel keduanya di Catalunya itu malah menguntungkan Casey Stoner dengan Ducatinya yang juara. Pada 2014 diceritakan soal Marquez tanpa tanding di sana. Tapi sebenarnya di tahun itu, Rossi sempat melakukan perlawanan Marquez. Namun tetap saja, Rossi angkat tangan yang kondisi Marquez  lagi percaya diri bangat pada dirinya dan didukung motor.

 Tahun ini, yang boleh diprediksi kans terbedar antara Lorenzo vs Rossi, lagi. Sebenarnya duel tertunda di Mugello di antara keduanya yang sampai sekarang perlu dipertanyakan hubungannya. Itu kalau bukan lepas sendiri-sendiri alias kabur duluan saat balap. Juga masih menunggu perbaikan akselerasi RC213V Marquez yang katanya bisa diakali dari sisi lain, misalnya knalpot, kalee.! Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016: Terbakarnya Mesin M1 Rossi, Point Di Catalunya Sangat Mahal

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

MotoGP 2016; Michele Pirro Pemain Cadangan Produktif, Di Catalunya Gantikan Loris Baz

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Sial Mesin Meletus Dan Point Tertinggal, Fans Rossi Siap Bantu

BAGIKAN