nhk

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Vinales Yakin Teknik Geber Yamaha, Sama Dengan Suzuki

ManiakMotor  – Yamaha dan Suzuki di MotoGP karakternya hampir sama. Gaya bawanya kudu halus. Racing line menikung pada out-in-out kudu membulat alias rolling. Bedanya, Yamaha memiliki traksi lebih besar, sehingga gaya tersebut bikin motor jadi cepat dalam prakteknya di sirkuit.

Itu yang dikatakan Maverick Vinales pada ancang-ancang  tahun depan ke Yamaha. Maksudnya, teknik membawa Yamaha dan Suzuki nggak beda jauh. Keduanya punya persamaan, dia akan cepat beradaptasi.  “Membawa Yamaha dan Suzuki harus halus (rapi) pada jalur. Tikungan juga diambil bulat-bulat untuk bisa cepat. Rahasianya tinggal pada throttle (gas) yang konstan,” kata Vinales sepertinya sudah melamun ke Yamaha ketimbang pada merek yang dibelanya sekarang, hehe.

Untuk gaya Jorge Lorenzo membawa M1, tepat yang dikatakan Vinales. Kalau Rossi kan beda, Rossi lebih tajam masuk ke tikungan, bukan membulat. Tapi kalau cerita halus, memang Lorenzo dan Rossi sama-sama begitu. Keduanya rapi jali pada jalur mereka, walaupun Rossi lebih dalam dan tipis pada jaurnya. Lihat saja cara Rossi yang makin kelihatan bedanya ketika menyalip.  

Wajar juga Vinales bicara begitu, lantaran yang digantikannya adalah Lorenzo. Bahkan dia sudah punya pandangan pada elektronik M1 yang tidak secanggih dulu. Karena traksi M1 besar, selongsong gas benar-benar rata dibetot. “Kalau kasar, ban akan cepat abis. Sekali lagi, kuncinya pada gas, karena dengan elektronik sekarang kinerja kontrol traksinya kurang,” tambah Vinales pada crash soal pergelangan kanan mengatur putaran mesin.

Pendeknya kata Vinales, Yamaha adalah motor juara. Siapa pun yang duduk di joknya, dijamin akan kencang. Makanya dia sudah memprediksi lebih awal, masa depan MotoGP antara pertempurannya dengan Marc Marquez. “Saya ingin melawan Marc, karena dia selalu membawa motor sampai batas maksimum,” tutup Vinales. 

Maksudnya, kalau sama-sama pakai motor spek juara, Marquez pun bisa diatasinya. Ito

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Valentino Rossi Devisit Point, Devisit Mesin Pula

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Pol Espargaro Ngambek Ke Satelit Ducati, Dapat Desmosedici ’17 Sama Dengan Lorenzo

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: M1 Rossi Jebol (Berasap), Putaran Mesin Lewati Limit, Konsumsi Udara Kotor

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Ducati Iannone Paling Laju Saat Balap

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Rossi-Lorenzo Kebakaran 1 Mesin, Selanjutnya 1 Mesin Untuk 3 Seri

 

BAGIKAN