nhk

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Lorenzo Ingin Iannone Dihukum Berat, Tak Cukup Start Belakang

ManiakMotor – Jorge Lorenzo jelas jadi biang keladi terbuangnya Andrea Iannone dari tim pabrikan Ducati. Tapi, jelas juga bukan karena hal itu Si Maniac melabraknya di GP Catalunya. Dalam insiden saat race di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Minggu 5 Juni 2016 itu, Iannone murni nggak bisa melakukan pengereman, karena M1 Lorenzo masuk tikungan melambat. Kan sebelumnya motor Lorenzo mulai kendur kecepatannya makanya ketemu Ianonne di posisi ke-6.

Hubungan keduanya pun diprediksi bakal memburuk. JL out dan pulang tanpa poin, sekaligus turun dari pemimpin klasemen. Wajar JL merasa dongkol sampai ubun-ubun. Boro-boro minta maaf, Iannone justru menyalahkannya dalam peristiwa itu. “Saya melakukan manuver yang sama dengan lap sebelumnya, ngerem pada titik yang sama. Tapi, motor Jorge sangat lambat dan terjadilah tubrukan yang tak bisa dihindari. Terkesan saya terlalu kencang saat itu, tapi sesungguhnya tidak demikian dan terbukti dari data pada telemetri,” tutur Iannone membela diri.

Itu yang tak bisa diterima JL. Performa M1-nya memang melambat dan karena itu dengan mudah disalip Rossi, Marquez, Pedrosa dan Maverick Vinales. Dan, jika bersabar, Iannone pun punya kans besar menyalipnya. “Saya sendiri hanya berpikir bisa finish 10 Besar saat itu. Tapi, itu pun gagal karena perbuatan Iannone. Ia lagi-lagi melakukan tindakan serupa. Masih saja ada pembalap yang tidak paham resiko dan bisa mencelakakan pembalap lain,” kata JL.

Race Direction yang menganalisa peristiwa itu kemudian menghukum Iannone dengan bentuk start dari belakang di GP berikutnya di Assen, Belanda. Bagaimanapun posisi Iannone saat itu berada di belakang dan menjadi pihak yang wajib mengontrol situasi di depannya. Kalau sampeyan cermati, itu juga sesuai dengan peraturan lalulintas di mana pun.

Alamak, hukuman yang sudah terbilang berat itu ternyata masih kurang berat di mata Lorenzo. “Hanya start dari belakang. Itu terlalu ringan karena dalam 5 sampai 7 lap sudah bisa di depan lagi karena ia punya pace untuk itu,” tambah Lorenzo yang yakin hukuman macam itu tak akan membuat Iannone kapok.

Sayangnya, Lorenzo tak menyebut detil bentuk hukuman yang pantas untuk Iannone. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Masih Penting Buat Marquez

MotoGP 2016 Catalunya (Race): Rossi Damai Dengan Marquez, Lorenzo Ntar Dulu…

MotoGP Catalunya 2016 Race: Rossi Juara Dengan Skill Tinggi, Marquez Kedua

BAGIKAN