nhk

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Diakui Lawan Lebih Kuat Tahun Ini, Pede Sekali

ManiakMotor – Bukan hanya lawan sebenarnya mengakui kecepatan Valentino Rossi tahun ini. Dilihat setiap tampil, power motornya bisa dibawanya lebih jalan dari tahun lalu. Di Mugello kalau nggak meledak, pace-nya sebenarnya lebih kencang dari semua unggulan. Spek juara saat itu.

Kemarin di Catalunya, Barcelona, Spanyol pada Minggu 5 Juni 2016, start dari grid ke-5 dan sempat tercecer ke-6 tapi bisa menangkap ekor M1 Jorge Lorenzo di lap ke-7 yang sejak awal memimpin. Menyalip lima pembalap bukan pekerjaan yang mudah. “Tahun lalu dia (Rossi) tampil bagus. Tahun ini lebih bagus lagi, sangat konsisten setiap lap di Catalunya,” puji Marc Marquez yang sudah bersalaman dengan Rossi alias sudah baikan sejak kasus saling tuding tahun lalu. “Valentino memang super tampil di Catalunya kali ini,” dukung Dani Pedrosa, rekan setim Marquez di Repsol Honda Team.

Coba intip konsisten Rossi dalam 25 lap lomba di Catalunya. Rossi sebenarnya bukan pencetak yang tercepat saat balapan alias fastest lap. Dia malah hanya ke-3 di bawah Maverick Vinales (Suzuki) dan Marquez sendiri. Tapi Rossi rutin mempertahankan kecepatan pada rata-rata 1:46 koma kecil sampai lap 16. Pada kurun lap yang yang sama, Marquez memang rajin berlari 1:46, tapi kadang melar sampai koma besar. Di lap 16 ke atas Rossi mulai mengatur ritme untuk menajemen ban persis juga yang dilakukan Marquez. Mungkin itu yang disebut Marquez konsisten.

Rossi sendiri bilang, percaya dirinya sebenarnya menebal awal tahun setelah kembali rodanya dialas Michelin. Ban yang pernah membawanya dengan bermacam gelar. Katanya dia sangat familiar dengan karet tersebut. Ndak ragu menggunakan taktik apa saja yang ada pada dirinya. Macam yang dia perlihatkan selama inilah, berani bertindak pada situasi dibutuhkan dibanding tahun lalu.  

Khusus di Catalunya mentalnya bangkit ketika warm up. Ada perintilan kecil-kecil  yang dioprek bikin tunggannya menapak dengan grip baik pakai ban hard di depan dan belakang. “Usai pemenasan itu, saya mendapati motor lebih siap. Di lomba dicoba, eh ternyata bisa menyalip beberapa lawan. Didorong di atas 100 persen untuk kabur, ternyata nggak bisa, Marc terus berada di belakang. Saya harus coba berduel dengannya,” kata Rossi.

Bila sirkuit tak direhab menggunakan layout F1, cerita bisa beda, lawannya bukan Marquez, tetapi Lorenzo. Pedenya Lorenzo anjlok pada sektor yang diubah tersebut. Sedang Marquez memanfaatkan pada permainan gigi rendah sesuai kelebihannya mengulur waktu pengereman. Di area yang pakai jalur F1 itu, dari 25 lap hampir semuanya Marquez berlari 35 detik sekian-sekian. Sedang Rossi hanya lima kali 35 detik, selebihnya 36 detik. Tapi Rossi unggul di tiga sektor lain, walau pun tipis, tapi kalau digabung gede juga dan konstan. Makanya diakui lawan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Lorenzo Ingin Iannone Dihukum Berat, Tak Cukup Start Belakang

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Masih Penting Buat Marquez

MotoGP 2016 Catalunya (Race): Rossi Damai Dengan Marquez, Lorenzo Ntar Dulu…   

BAGIKAN