nhk

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Masih Penting Buat Marquez

ManiakMotor – Marc Marquez mampu beri perlawanan keras terhadap Valentino Rossi. Dia unggul besar pada area yang diubah pasca Luis Salom celaka atau sektor 4. Sedang Rossi unggul ‘kecil’ di tiga sektor lain. Rossi selalu bisa menjauh di sector-sektor andalannya. Tapi Marquez boleh mendekat lagi di sector yang diubah tersebut.

Makanya permainan tingkat tinggi sekaligus hiburan spektakular buat penonton pada Minggu 5 Juni di Catalunya, Spanyol. Entah itu  penonton tuan rumah dan juga ratusan juta penonton tivi di seluruh bumi. “Itu cara terbaik untuk menghormati almarhum Luis Salom. Itu yang terpenting saat ini,” ucap MM yang usai balapan mengganti nomor startnya dari 93 menjadi 39, nomor start Salom di Moto2.

Yang juga penting adalah perdamaiannya  dengan Valentino Rossi. Katanya momennya sangat tepat dan hal ini sangat baik untuk komunitas balap motor, “Valentino tetap The Doctor. Di Catalunya ini dia tampil luar biasa. Masih menjadi pembalap panutan,” imbuh MM yang kembali mengakui The Doctor idolanya sejak kecil.

Meski sadar RC213V-nya sedikit kalah di tikungan cepat, MM mengakui ingin memaksakan kemenangan di depan fans sendiri. Ia beri tekanan bertubi kepada Rossi. “Tapi, saat tahu Jorge out, pikiran saya mendua. Memforsir kemenangan meski beresiko melawan Rossi yang tengah bagu atau terima hasil finish kedua,” cerita MM.

Tiga lap jelang finish, nafsu MM mengalahkan Rossi masih membuncah demi menghormati antusiasme penonton yang menggelora. Tapi, faktanya, Rossi sulit ditaklukkan dan selalu bisa menyusul lagi saat disalip. “Di lap terakhir saya menyerah, sebelumnya melakukan kesalahan. Tahun lalu Valentino tampil hebat, tapi tahun ini menurut saya lebih bagus lagi. Ia punya pace yang konsisten dan diimbangi ifisik dan mental yang prima,” puji MM yang dengan tambahan 20 poin kini menggusur Lorenzo dari pucuk pemimpin klasemen. 

Rossi pun mengakui gigihnya perlawanan MM dan menempatkannya sebagai salah satu balapan terbaiknya. “Sama dengan duel melawan Jorge di trek ini pada 2009. Saat Jorge jatuh sempat juga terpengaruh. Saya putuskan fight jadi pemenang karena gap poin yang terlampau banyak,” komentar Rossi yang sukses memotong 37 defisit poin dari Lorenzo dan kini tinggal 12 angka untuk dikejar. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP 2016 Catalunya (Race): Rossi Damai Dengan Marquez, Lorenzo Ntar Dulu…

MotoGP Catalunya 2016 Race: Rossi Juara Dengan Skill Tinggi, Marquez Kedua

MotoGP 2016 Catalunya: 2 Pembalap Tewas, Dimulai Ali Yang Mirip Rossi, Duka Olahraga Dunia

BAGIKAN