nhk

MotoGP Catalunya 2018: Cerita Steering Damper (Stabilizer) Setang Kemudi MotoGP, Ohlins..!

ManiakMotor – Steering damper atau stabilizer setang kemudi oleh penonton eh pembaca MotoGP tahu atau bahkan motor hariannya sudah dipasangi. Fungsinya untuk mendiamkan setang kemudi. Membantu lengan pengendara agar stabil ikut meredam kehendak alami setang kemudi yang didorong oleh tenaga. Sifatnya seperti suspensi bermetode hidraulik. Namanya juga damper alias peredam.

Tanpa dijelaskan prinsip kerja alat ini pasti tahulah mereka, lha wong dipakai. Walaupun sudah tahu, MotoGP.Com kembali menjelaskan lewat videonya fungsi utamanya. Katanya di situ yang di video itu, semakin lembut, memang ada keuntungan. Yakni belok-beloknya jadi lebih ringan.

Tapi setelan ini menurut video tersebut, punya konsekuensi. Saat menikung dengan kecepatan tinggi, roda depan agan banyak bergerak alias goyang-goyang. Redamannya kurang. Saat keluar tikungan juga punya kelemagan, setang akan sulit dikontrol. Tapi itu ukuran MotoGP bro yang tenaganya minimum 250 dk, hehe.

Sebaliknya, bila disetel lebih keras hard yang disebut peredam akan bekerja sempurna. Maksudnya, gejala di atas tadi bisa diredam. Hanya saja, belok-beloknya akan jadi berat. Juga punya keuntungan spesial saat terjadi yang tidak sesuai kehendak pengendara, setang akan mudah diredam, “Tapi itu semua tergantung sirkuit dan pembalapnya. Kalau banyak menikung, tentu setelan semakin ringan, jika sirkuitnya tipe cepat semakin hard,” kata si video.

Harap tahu saja. Yang di video itu menggunakan steering damper Ohlins, merek yang rata-rata digunakan di MotoGP. Untuk standar Ohlins saja, ada 16 tingkat penyetelan dari lembut, sedang, sampai keras. Ini yang dijual umum yang harganya Rp 5 jeti. Macam mana yang di MotoGP????? MM

 

BAGIKAN