nhk

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Bekal Rekor Baru, Pedrosa Inginkan Show Dahsyat

ManiakMotor – Luar biasa dahsyat penampilan Dani Pedrosa di sesi kualifikasi. Di depan fans fanatik, ia pun inginkan duel yang juga dahsyat dalam race Minggu, 16 Juni di sirkuit Catalunya, Spanyol.

Pedrosa seperti khatam pada Catalunya untuk balap single lap. RC213V bisa meluncur manis.  Maka dua rekor Catalunya tumbang oleh rider Repsol Honda itu. Rekor sirkuit atas namanya sendiri plus best lap buatan Casey Stoner pada 2008. Kala itu Stoner masih di Ducati dan ban yang digunakan pun masih khusus buat kualifikasi. Pedrosa catat waktu 1:40,893 dan jadi satu-satunya pembalap yang bisa main di bawah 1 menit 41 detik.

“Ini pole position yang fantastis buat saya. Tak kalah penting adalah kecepatan saya yang meningkat dari satu sesi ke sesi berikutnya. Ini modal kepercayaan diri untuk raceday dan semoga saja kami bisa sajikan show yang dahsyat buat penonton,” ujar Pedrosa yang meraih pole keduanya dalam enam seri lomba yang sudah digelar.

Tinggal satu hal yang belum bisa ia pastikan untuk balapan, yakni tipe ban belakang. Apakah pakai lunak atau keras akan sangat tergantung pada cuaca saat lomba. Ban depan sepertinya soft tyre jadi pilihan terbaik. Jangan sampai seperti di Mugello yang mengendur performa bannya di akhir-akhir lap.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Persoalan sama dihadapi team mate-nya, Marc Marquez, yang akan start dari urutan ke-6. Problem remaja tuan rumah ini lebih kompleks. Selain kebingungan menentukan ban, ia pun belum dapatkan set-up sesuai gaya balapnya di trek Catalunya. Makin panas cuaca, ia makin kesulitan. “Kesempatan terakhir untuk mencoba beberapa hal lain adalah sesi warm up. Saya harap ada sedikit peningkatan agar lebih percaya diri di garis start,” papar Marquez yang aksesnya ke ruang Pedrosa mulai diperketat, gara-gara ocehan Pedrosa menghadapi Catalunya.

Ini penampilan ke-200 Pedrosa di ajang balap motor Grand Prix. Sepanjang sejarah balap motor dunia, hanya 19 orang yang bisa mencapai jumlah start di atas 200. Kemenangan jelas jadi target agar tetap memimpin klasemen dan terus membuka peluang jadi juara dunia MotoGP pertamanya.

Pembalap paling berpeluang menggagalkannya adalah Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing) yang start dari urutan 3. Ia harus mewaspadai rival senegaranya ini, namun juga tak boleh lengah pada manuver Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) begitu bendera start dikibas.

Crutchlow bisa jadi faktor pengacau di antara persaingan Lorenzo-Pedrosa. Bila ketiganya mulus melewati R1, bisalah penonton berharap show yang dahsyat seperti maunya Pedrosa. Apalagi kalau Marquez dan Valentino Rossi bisa ikut merangsek ke grup depan, makin mantaplah. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Gara-Gara Kopling, Lorenzo Gagal Rebut Pole, Rossi..?

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP 2013 Catalunya (Q2): Pedrosa Jadi Pole Sitter, Pecahkan Rekor Stoner

MotoGP 2013 Catalunya (FP4): Arisan The Fantastic Four di 4 FP, Terakhir Milik Pedrosa

BAGIKAN