nhk

MotoGP Catalunya Spanyol 2013 (Jelang Race): Gara-Gara Kopling, Lorenzo Gagal Rebut Pole, Rossi..?

ManiakMotor – Sejak FP1 dihelat, kecepatan Jorge Lorenzo di atas M1 sangat konstan. Jadi mengherankan kala ia hanya nomor tiga di Q2 yang berlangsung Sabtu, 15 Juni 2013 di sirkuit Catalunya, Spanyol. Apa pasal, Bro?

Lorezo tercepat di FP1 dan runner-up di FP2. Hanya di FP3 nasipnya sedikit apes. Terjatuh di R5. Meski tak ada luka serius, tapi memengaruhi perolehan waktunya. Dalam sesi yang dimenangi Marc Marquez itu, Lorenzo terdampar ke urutan 6

Lanjut ke sesi Q2 untuk saling babat berebut pole position, apesnya juara dunia bertahan itu  rupanya belum tuntas. Kopling M1-nya bermasalah kala siap mencoba lap tercepat. Itu membuatnya balik ke pit untuk perbaikan. Itu sebabnya ia kurang ancang-ancang di sesi ini dan hanya punya kesempatan 7 laps untuk timing. Pembalap lainnya dapat 8 putaran. Yamaha Factory Racing dan Lorenzo kehilangan strategi, karena masuk paddock yang belum waktunya.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ia pun harus puas di urutan tiga tercepoat di bawah Dani Pedrosa selaku pole sitter dan Cal Crutchlow yang menggawangi tim satelit Yamaha Tech3. “Sangat menjengkelkan. Terjadi masalah seperti itu pada momen yang sangat penting. Ini waktu yang terbaik bisa saya lakukan. Jujur, saya juga kurang percaya diri menggeber motor karena ada rasa tak nyaman dengan roda depan,” katanya.

Namun, di sisi lain, ia juga bersykur karena masalah teknis di kopling itu tak mebuatnya terlalu jauh tertinggal dan tetap start dari front row. Posisi yang sangat strategis untuk mencuri kesempatan memimpin sejak masuk ke tikungan pertama. “Masih ada peluang fight meraih kemenangan. Saya hanya perlu fokus dan tampil konsisten sepanjang 25 putaran lomba. Dan, kita tak tahu apa saja yang akan terjadi sepanjang itu,” katanya.

Meski start urutan 3, tapi secara khusus sudah menjadi nilai plus Lorenzo dalam enam putaran musim ini. Ia satu-satunya yang konsisten start dari urutan depan dalam enam kali balapan.  Sayang, konsistensinya naik podium rusak di GP Prancis. Itu satu-satunya event musim ini yang tidak menghadirkan Lorenzo di atas podium. Bagaimana di Catalunya, di depan publik sendiri?

Tak perlu dijawab Brader! Lorenzo sudah jawab di atas dengan kalimat apa saja bisa terjadi saat balapan. Ya, bisa saja, termasuk di dalamnya Valentino Rossi yang naik podium meski start dari urutan 7. Siapa tahu?

“Yang jelas balapan akan sangat menarik dan sulit ditebak karena sangat bergantung pada pilihan ban dan daya tahannya. Ada 4 atau 5 pembalap yang sangat cepat di trek ini. Perjuanganku adalah bergabung dengan mereka sejak garis start dan setelah itu sangat tergantung pada situasi. Seperti biasanya, saya akan berjuang keras untuk hal itu,” tegas The Doctor. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP 2013 Catalunya (Q2): Pedrosa Jadi Pole Sitter, Pecahkan Rekor Stoner

MotoGP 2013 Catalunya (FP4): Arisan The Fantastic Four di 4 FP, Terakhir Milik Pedrosa

MotoGp 2013 Catalunya Spanyol (FP3); Catatan Tipis Marquez, Hayden, Pedrosa, Rossi

 

 

 

 

BAGIKAN