nhk

MotoGP Catalunya Spanyol 2013: Pedrosa Ngamuk Soal Ban, Lorenzo Tanpa Keluhan, Rossi Tanda Tanya

ManiakMotor – Sudah dibilang oleh portal ini, bila gaya Dani Pedrosa seperti yang dipakainya di Mugello, jenis ban apa pun akan termakan di Catalunya, Spanyol, saat race 16 Juni 2013. Catalunya dan Mugello hanya beda tipis, tikungannya panjang-panjang. Baca ini; MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Jelang); Analisa Tikungan Panjang Honda RC213V Dan Yamaha M1.

Kemarin saat kalah di sesi Q2, juara dunia bertahan Jorge Lorenzo menyalahkan kopling motornya. Hari ini, saat kalah di raceday, giliran Dani Pedrosa menyalahkan ban motornya. Memang dia tidak ngamuk-ngamuk seperti judul di atas. Yah namanya judul hanya untuk penarik sampeyan mengklik.  Sebab  pole diraih Pedrosa walau  spektakuler di bawah 1 menit 41 detik, tetapi hanya single lap, bukan balap yang pusing-pusing terus.

“Sangat beda dengan kemarin. Hari ini saya rasakan tak nyaman di roda depan, khususnya saat masuk tikungan. Di trek lurus pun sulit mendekati Lorenzo. Jadi,hasil finish kedua sudah sangat bagus dalam kondisi demikian,” kata Pedrosa yang membantah kegagalannya berawal dari start yang salah. Ia bilang tak ada masalah teknis saat start meski memang bisa disalip Lorenzo.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Lorenzo sendiri tampil dominan sejak lap pertama hingga lap 25, tak tertandingi. Wajar kalau doski tak ada keluhan dan memberikan apresiasi khusus buat penggemarnya sepanjang victory lap. Namanya juara pertama, berarti motornya dan pembalapnya terbaik, tidak ada yang perlu dikeluhkan.

Satu hal yang juga pasti,  permusuhan dan pertempuran Lorenzo – Pedrosa belum berhenti. Keduanya kini  di pucuk pimpinan klasemen sementara dengan selisih poin 7 saja.

Itu sekaligus penegasan keduanya yang berperang memperebutkan gelar juara dunia 2013. Marc Marquez memang masih memelihara asa dengan poin 97. Namun, melihat pengalaman dan inkonsistensinya dalam balapan kelas para raja, sepertinya agak meragukan buat Marquez meraih gelar di musim perdananya.

Secara matematika, peluang Valentino Rossi meraih gelar pun masih terbuka meski baru mendulang nilai 60, lebih sedikit dari Cal Crutchlow (71). Tapi, seperti sampeyan tahu, MotoGP bukan hitungan matematika yang punya rumus dan hasil akhirnya selalu pasti. Enam putaran awal sudah cukup jadi bukti, adaptasi Rossi dengan M1 belum maksimal. Di Catalunya ini, setiap masuk tikungan dengan diiringi pengereman, Rossi sedikit melebar.

Rossi dalam enam seri hanya sekali naik podium di seri pembuka GP Qatar. Atau memang fisik The Doctor yang sudah tak mumpuni, atau mungkin masih trauma dengan kecelakaan yang menewaskan Marco Simoncelli di GP Malaysia 2011? Itu perlu ulasan khusus Bro, makanya tunggu artikel lanjutannya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Efek Sasis Dan Gigi M1, Lorenzo Mantap Di Catalunya

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi, 14 Juni – 16 Juni 2013

MotoGP 2013 Catalunya (Race): Crutchlow Versus Espargaro, Isu Soal Yamaha Tech3

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Race): Agak Bikin Ngantuk, Lorenzo Melaju Sendiri..!

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Race); Terbukti Bautista Hampir Bikin ‘Bau’ Rossi

BAGIKAN