nhk

MotoGP Catalunya (Tes): Modifikasi M1 Mantap, Sayangnya Tak Bisa Dibandingkan RC213V

ManiakMotor – Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Team) memimpin sesi tes di Catalunya sepanjang Senin (17/6). Modifikasi pada YZR-M1 membuatnya makin nyaman dan mantap di lintasan.

Perubahan mencolok pada M1 adalah desain tangki bahan bakar yang langsung berpengaruh pada aspek aerodinamik motor dan ergonomik Lorenzo. Plus beberapa perubahan kecil set-up, Lorenzo bikin fastest lap 1:41,904. Sebenarnya lebih lambat dari waktu kualifikasinya pada GP Catalunya di trek sama dua hari sebelumnya yang 1:41,566. Ia pun hanya unggul 0,052 detik dari Nicky Hayden (Ducati) yang selama ini bukanlah musuh bebuyutandi balapan, tak cukup sahih jadi pembanding.

Yang layak diperbandingkan dengan M1 adalah RC213V milik Repsol Honda dengan joki Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Sayangnya, mereka tak ikut bergabung dalam tes Catalunya dan memilih ‘nyepi’ tes tersendiri di Sirkuit Aragon, juga di Spanyol.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tapi, juara dunia bertahan yang baru saja memenangi GP Catalunya itu tak peduli. Fokus tes bukanlah catatan waktu, tapi  pada kenyamanan dan pemahaman karakter M1 dengan beberapa rehab. “Kami uji tangki baru, ada perubahan kecil. Tapi yang kecil itu mendatangkan hal besar bagi saya. Kami ingin tahu apa yang terjadi pada motor dengan revisi itu. Kini saya bisa merasakan perbedaannya pada sektor pengereman, dalam kondisi cuaca panas dan teduh. Saya juga jadi mengerti, dalam cuaca yang lebih sejuk, lap time lebih cepat,” kata Lorenzo.

Karena fokusnya memang hanya untuk merasakan perbedaan dari rombakan terbaru M1, tentu saja Lorenzo merasa tak perlu membandingkannya dengan Honda. Ia pun tak peduli kala diminta komentarnya soal pilihan Honda ngetes pacuan di Aragon. Khususnya pada kabar yang sebut Honda akan ngetes pacuan spek 2014 dalam kesempatan itu. “Saya tak peduli dan tak khawatir soal itu. Itu bukan tugas saya,” tegasnya.

Betul Bro Lorenzo! Tugas sampeyan adalah bertarung lagi dengan joki-joki Honda dalam sirkus MotoGP berikutnya di Assen, Belanda. Buktikan kalau barang baru di M1 saat ini memang oke punya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2103: Soal Rossi Pensiun, ‘Ayah’ Serahkan Pada Waktu

MotoGP 2013 Suzuki Muncul Dengan Mesin In-Line, Livery Khas Biru-Putih

MotoGP 2013; Efek Sasis Dan Gigi M1, Lorenzo Mantap Di Catalunya

MotoGP 2013 Catalunya: Rossi Bongkar Bobrok Bautista

BAGIKAN