nhk

MotoGP: Duka Mendalam Buat Nelson Mandela

 

 

ManiakMotor – Nelson Mandela bukan hanya tokoh besar Afrika Selatan, tapi sosok pemimpin yang mendunia. Kharisma pemimpin kulit hitam pertama Afsel itu menyebar ke berbagai kumunitas, termasuk para pembalap MotoGP. 

Seperti ungkapan duka para pembalap top F1, reli dunia dan sebagainya, mungkin juga Indonesia, para rider MotoGP pun banyak yang tersentak dengan kabar meninggalnya tokoh anti apartheid itu pada 5 Desember 2013 dalam usia 95 tahun.

Madiba, nama panggilan akrab Mandela yang sangat suka mengenakan batik buatan Indonesia itu, bukanlah sosok asing para atlet dunia, termasuk pembalap MotoGP. Marc Marquez selaku generasi muda MotoGP maupun Nicky Hayden yang sudah tua di balapan mengucapkan turut berduka cita. “Descansa en paz #Madiba,” ucap MM lewat akun twitternya, Marc Marquez @marcmarquez93. Artinya, kira-kira beristirahatlah dengan tenang, Madiba!

Nicky Hayden @NickyHayden menulis, “Saya tak tahu banyak seputar Nelson Mandela. Tapi manusia yang bisa terima dua kali Nobel perdamaian, itu sudah isyarat agungnya beliau. Beliau telah berbuat kebaikan sebesar yang bisa ia lakukan akan selalu menjadi figur yang saya hormati. RIP.”

Wakil Yamaha dan Ducati juga ikutan, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow. “Satu dari tokoh terbesar sejarah telah pergi, tapi ia meninggalkan kita sebuah warisan penting dan contoh yang patut ditiru. RIP @NelsonMandela #Madiba,” komentar JL lawat akun Jorge Lorenzo @lorenzo99.

“Berita sangat menyedihkan dengan kepergian Nelson Mandela. Beliau sudah mengubah banyak hal untuk kebaikan banyak orang.  #RIPNelsonMandela,” kata Crutchlow lewat Cal Crutchlow @calcrutchlow. Buat kalangan motorsports, sosok Madiba memang tak bisa dipisahkan dengan perkembangan balap di Afrika Selatan. Ia punya peran penting membawa event balap Formula 1 maupn MotoGP ke sana.

Perkembangan terakhir, pemakaman Madiba direncanakan berlangsung 15 Desember yang tentunya bakal dilaksanakan dengan prosesi untuk seorang pehlawan besar. Selamat jalan, Madiba! Andro

BACA JUGA

MotoGP: Akhir Tahun Kelabu Bagi Rossi, Sibuk Main ke Gunung

Asia Talent Cup; Ke Aragon Coba Honda NFR250, Semua Ditanggung Dorna

MotoGP: Pulang dari Jakarta, Lorenzo Masuki Istana Baru di Barcelona

 

 

BAGIKAN